freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

Memiliki Banyak Pelabuhan, Ini 5 Pelabuhan Paling Terkenal di Indonesia

1 November 2021

|

Penulis :

Abdu Rauf

Kontainer merah di pelabuhan

Red Cargo Containers © Phil Baum via Unsplash

Pelabuhan merupakan salah satu tempat yang dibangun untuk dijadikan sebagai tempat berlabuh bagi kapal laut. Di kawasan ini umumnya banyak kapal-kapal singgah sebelum akhirnya berlabuh di tujuan akhir atau meneruskan perjalannya. Di pelabuhan juga terdapat beberapa aktivitas lainnya seperti perpindahan muatan barang dan kegiatan perekonomian.

Selain itu terdapat dua jenis pelabuhan dalam suatu negara, yakni pelabuhan umum dan khusus. Pelabuhan umum sendiri memiliki tujuan untuk melayani masyarakat umum yang ingin bepergian dengan kapal laut. Sedangkan pelabuhan khusus dibangun dengan suatu tujuan tertentu, misalnya seperti tempat ekspor atau impor barang.

Setiap jenisnya tentu saja akan dikelola oleh pihak penanggung jawabnya masing-masing sesuai fungsi dan tujuannya. Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki bentangan laut sangat luas. Tak heran bila di sini terdapat berbagai pelabuhan dengan fungsinya masing-masing. Berikut ini adalah 5 pelabuhan paling terkenal di Indonesia:

1. Pelabuhan Tanjung Priok
Tanjung Priok merupakan salah satu pelabuhan paling terkenal yang bertempat di Utara Provinsi DKI Jakarta. Menjadi salah satu pelabuhan tersibuk di Indonesia, berbagai kegiatan mulai dari pengangkutan penumpang hingga angkutan barang domestik dan mancanegara pun sering dilakukan di Tanjung Priok.

2. Pelabuhan Merak
Memiliki letak yang strategis, Pelabuhan Merak tentunya bisa menghubungkan Pulau Jawa dan Pulau Sumatera. Kedua pulau ini memang dipisahkan oleh Selat Sunda. Para penumpang yang ingin bepergian dengan menggunakan kapal laut melalui pelabuhan ini. Setiap harinya ada ratusan perjalanan kapal feri dari Merak ke Bakauheni dan begitupun sebaliknya.

3. Pelabuhan Tanjung Perak
Tanjung Perak merupakan salah satu pelabuhan paling ramai setelah Tanjung Priok. Bertempat di Surabaya, pelabuhan ini selalu kedatangan ratusan kapal laut setiap harinya. sehingga menjadikan aktivitas di pelabuhan ini begitu ramai dan tak pernah sepi sedikitpun. Selain itu, Tanjung Perak juga dapat menghubungkan Surabaya dengan beberapa kota lainnya.

4. Pelabuhan Bakauheni
Bakauheni menjadi salah satu pelabuhan penting di Indonesia, karena kehadirannya mampu menghubungkan Pulau Jawa dengan Pulau Sumatera. Terletak di Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung selatan, pelabuhan ini selalu disinggahi oleh ratusan kapal setiap harinya. Kapal-kapal Feri yang berlabuh di sini tentunya dipenuhi oleh banyak penumpang dari Merak.

5. Pelabuhan Tanjung Mas
Tanjung Mas merupakan pelabuhan yang terletak di Semarang, Jawa tengah. Pelabuhan ini memiliki luas sekitar 500 hektare dan selalu memberikan fasilitas mulai dari alur pelayaran, kolam pelabuhan, dermaga, gudang, dan juga terminal. Di kawasan ini terdapat Mercusuar Willem 3 yang dibangun pada tahun 1884. Pembangunan mercusuar ini dilakukan dengan tujuan untuk menjadikan Semarang sebagai kota pelabuhan dan dagang.

Pelabuhan tentunya memegang peran penting di dalam proses perdagangan internasional dalam setiap negara, terutama dalam urusan ekspor dan impor barang. Dengan adanya dermaga, gudang, hingga alat-alat bongkar muat menjadikan proses ekspor dan impor barang jadi lebih mudah untuk dilakukan. Tak heran bila di tempat ini aktivitas keluar dan masuknya barang selalu terjadi setiap harinya.

Memiliki peran sebagai pintu dalam beberapa aktivitas mulai dari pengangkutan penumpang, bongkar muat barang ekspor dan impor, hingga perdagangan domestik dan mancanegara membuat kehadirannya sangat penting untuk mendorong perekonomian Indonesia. Apalagi di era modern seperti sekarang ini sudah mulai banyak pelaku usaha dalam negeri yang mulai memberanikan diri untuk terjun ke pasar internasional. Sehingga, membuat pelabuhan selalu ramai setiap harinya.