freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

Mengenal Jenis-Jenis Pelabuhan Laut di Tanah Air

1 November 2021

|

Penulis :

Abdu Rauf

Kapal kecil parkir di dermaga

Parked Boat on Marina © Goh Rhy Yan via Unsplash

Moda transportasi pastinya sudah semakin bervariasi seiring berjalannya waktu. Salah satunya dalam hal memilih moda transportasi laut di era modern seperti sekarang ini. kapal laut memang telah lama dijadikan sebagai pilihan terbaik untuk masyarakat yang ingin bepergian menggunakan jalur laut.

Umumnya ada dua faktor yang membuat banyak orang memilih bepergian melalui pelabuhan laut, yakni jarak tempuh jauh dan juga harga tiket cukup terjangkau jika dibandingkan dengan menggunakan pesawat. Maka dari itu saat ini sudah banyak orang memilih pergi ke pelabuhan untuk melanjutkan perjalanannya.

Setiap kali ada momen liburan panjang ataupun hari-hari besar keagamaan, pelabuhan laut sering kali dipenuhi oleh mobil ataupun motor yang ingin menyebrang pulau. Salah satunya sering terjadi di pelabuhan Merah yang menjadi pintu awal dalam penyebrangan menuju Pulau Sumatera.

Berbicara seputar pelabuhan, ada beberapa jenis pelabuhan laut yang ada di Indonesia. Dilansir dalam akun Instagram resmi Kementerian Perhubungan (@kemenhub151), dijelaskan ada tiga jenis pelabuhan laut yang dapat ditemukan di Indonesia. Jenis-jenis pelabuhannya pun sudah diatur dalam Pasal 6 PP Nomor 61 tahun 2009 terkait dengan Kepelabuhan.

Pertama, terdapat Pelabuhan Utama dengan fungsi pokok berupa memberikan layanan terkait dengan seluruh kegiatan angkutan laut, baik dalam negeri maupun mancanegara. Pelabuhan laut utama ini juga dapat berfungsi sebagai alih muat angkutan domestik dan internasional dalam jumlah besar. setiap tahunnya kegiatan alih muat angkutan selalu jadi pusat perhatian, sebab di sini terjadi pergerakan ekonomi bagi berbagai sektor.

Kedua, ada Pelabuhan Pengumpul yang fungsi utamanya sebagai pelayanan kegiatan angkutan laut domestik. Di sini juga terdapat kegiatan lain seperti alih muat angkutan domestik dengan jumlah menengah. Sehingga, daya tampungnya pun jauh lebih sedikit apabila dibandingkan dengan jenis pelabuhan laut pertama.

Ketiga adalah Pelabuhan Pengumpan dengan fungsi untuk melayani segala kegiatan angkutan laut domestik, mulai dari alih muat angkutan laut dalam negeri dengan jumlah terbatas. Jenis pelabuhan ini juga merupakan pengumpan untuk kedua pelabuhan lainnya.