freightsight
Jumat, 26 April 2024

INFO INDUSTRI

Tips Memilih Freight Forwarder yang Aman dan Terpercaya

2 Oktober 2023

|

Penulis :

Freightsight Researcher

freight forwarder

Freight forwarding merupakan istilah yang sudah cukup dikenal di Indonesia. Terlebih, di kalangan para eksportir dan importir tanah air. Freight forwarding merupakan bisnis yang bergerak di jasa pengurusan dan pengiriman barang, baik melalui darat, laut, dan udara. Bukan hanya mengirimkan barang, tugas para forwarder juga meliputi urusan perizinan, perencanaan, hingga penyimpanan barang.

Perencanaan transportasi logistik yang dilakukan para perusahaan freight forwarding diharapkan dapat memenuhi kebutuhan para konsumennya yang menginginkan efektivitas dan efisiensi dalam pengiriman barang. Sebab, jenis pelayanannya adalah pengantaran produk produsen.

Namun demikian, tidak semua freight forwarder dikatakan profesional dan terpercaya. Alih-alih memudahkan pengiriman, salah memilih forwarder justru membuat ribet pengirimnya dan sangat mungkin terjadi fatal, seperti barang hilang atau rusak. Alhasil, pengirim yang ingin untung dan lebih efisien dengan menggunakan jasa freight forwarder, malah justru justru mengalami kerugian besar.

Memilih Jasa Forwarder yang Terpercaya

Jasa Freight Forwading.jpg

Dengan segala jasa yang ditawarkannya, sangat penting untuk memilih perusahaan freight forwarding yang terpercaya. Sebab, pihak forwarder mengemban tugas penting membawa barang atau produk milik kliennya hingga sampai ke tangan penerima barang. Salah-salah memilih forwarder, maka kerugian besar akan dialami klien.

Berikut ini kami berikan beberapa tips yang bisa dijadikan panduan saat akan memilih jasa freight forwarder yang tepat dan terpercaya:

Baca juga: Simak, Jenis-jenis Bisnis Freight Forwader untuk Pegiat Ekspor Impor

1. Informasi jelas dan mudah didapat

Pilihlah perusahaan freight forwarding yang memiliki informasi yang jelas dan mudah didapatkan, mulai dari nomor yang bisa dikontak, lokasi kantor, dan identitas lainnya tentang perusahaan. Jangan hanya percaya pada tampilan website perusahaan yang terlihat profesional, padahal hanya perusahaan kecil yang belum profesional.

2. Periksa track record perusahaan

Track record atau rekam jejak perusahaan adalah hal yang juga sangat penting untuk diperiksa. Mulailah dari memeriksa kontak dan alamat kantornya, apakah sesuai. Cari tahu sudah berapa lama perusahaan berdiri dan cari review dari perusahaan yang pernah menggunakan jasanya.

Perlu juga untuk melakukan riset sederhana, dimulai dari pertanyaan-pertanyaan mendasar terkait rekam jejak perusahaan. Apakah perusahaan memiliki kasus sebelumnya? Apakah mengalami penurunan kualitas selama beberapa tahun terakhir? Sikap skeptis memang diperlukan saat mencari jasa freight forwarder yang terpercaya.

3. Memiliki pengalaman mumpuni

Pengetahuan dan pengalaman yang mumpuni sangat diperlukan untuk menjalankan bisnis freight forwarding. Melihat prosesnya yang panjang dan cukup rumit, maka hanya yang ahli dan memiliki pengalaman baik dalam bidang ini yang bisa dipercaya. Hal ini sangat penting diperhatikan guna menjamin kelancaran proses pengurusan dan pengiriman barang. Sehingga, sekalipun ada kendala yang dialami, dapat dengan sigap diatasi.

Baca juga: Mengenal Jasa Freight Forwading, Tugas, dan Manfaatnya

4. Memiliki jaringan yang baik

Freight forwarder perlu memiliki koneksi yang besar dan baik dalam industri perkapalan. Koneksi atau jaringan ini yang akan memungkinkan pengirim mendapatkan NVOCC (Non Vessel Operator Common Carrier) dan operator untuk menegosiasi tarif yang lebih baik. Selain itu, koneksi yang kuat akan membantu perusahaan freight forwarding untuk memastikan bahwa dokumen dan otoritas lokal bisa di navigasi dengan efisien.

5. Pilih yang layanannya lengkap

Jika pengirim ingin terima beres, pastikan jasa freight forwarder yang diberikan lengkap. Ketahuilah layanan yang termasuk jasa freight forwarder, di antaranya:

  • Pengurusan bea cukai, serta biaya tertagih dari pelabuhan transit maupun tujuan
  • Pembayaran biaya handling, freight, dan biaya lainnya yang berkaitan
  • Mencari rute pengiriman yang tepat dan efisien
  • Negosiasi tarif angkutan barang
  • Mengatur pengepakan dan pemuatan barang
  • Pengurusan dan pengajuan klaim asuransi
  • Menawarkan kutipan ekspor impor

6. Paham kebutuhan klien

Layanan yang diberikan setiap forwarder berbeda-beda. Dari setiap layanan yang ditawarkan freight forwarder, tentu ada yang sesuai dan tidak sesuai kebutuhan klien. Karenanya, harus jeli dalam memilih mana yang pelayanannya paling sesuai kebutuhan.

Misalnya, jika kebutuhannya adalah pengiriman bahan makanan atau bahan mentah, pilihlah jasa forwarder yang ahli dalam pengurusan ekspor atau impor bahan mentah mudah busuk. Jangan memilih perusahaan freight forwarding yang ahli dalam pengiriman barang elektronik. Sebab, tentu pengalaman dan penanganannya akan jauh berbeda.

7. Memberikan jaminan keamanan

Pilih jasa freight forwarder yang mampu memberikan jaminan keamanan bagi barang atau produk yang akan diurusnya. Umumnya, perusahaan freight forwarding yang profesional akan memberikan garansi barang sampai di tangan penerima dengan aman. Sehingga, apabila terjadi kerusakan atau kehilangan pada saat proses pengiriman, perusahaan akan memberikan pertanggungjawaban.

8. Transparan perihal biaya dan kualitas pengurusan barang

Penting untuk memilih freight forwarder yang terbuka mengenai jumlah tagihan atas pelayanannya. Forwarder akan memberikan tagihan terperinci dan sesuai dengan layanan yang diberikan. Pastikan betul harga yang ditagihkan sesuai pelayanan dan kualitas yang diberikan. Jangan sampai memilih forwarder murah, tetapi kualitasnya dari pelayanannya tidak memuaskan.

9. Transparan perihal status pengiriman

Saat barang yang sudah diberikan pada jasa freight forwarding, maka saatnya menaruh kepercayaan pada jasa tersebut. Untuk itu, penting memilih perusahaan freight forwarding yang transparan perihal status pengiriman. Informasi seputar status pengiriman secara real time penting didapatkan untuk memprediksi kedatangan dan status barang. Carilah forwarder yang menawarkan pelayanan tersebut.

Itulah tadi beberapa tips yang bisa dijadikan panduan saat hendak mencari jasa freight forwarding. Agar lebih aman dan tidak menimbulkan kecemasan, pilihlah jasa pengiriman antarnegara yang sesuai dengan kriteria di atas. Pastikan selalu periksa dan seleksi terlebih dahulu freight forwarder yang akan digunakan. Kesuksesan pengiriman barang merupakan kunci berkembangnya dan kelancaran bisnis.