freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

INFO INDUSTRI

Tujuan Perdagangan Antar Pulau

31 Maret 2022

|

Penulis :

Freightsight Researcher

tujuan perdagangan antar pulau

Indonesia merupakan negara kepulauan. Setiap pulau memiliki perbedaaan masing-masing. Salah satu perbedaan adalah sumber daya alam. Keberadaan sumber daya inilah yang membuat pulau-pulau tersebut memiliki ciri khas tersendiri. Karena perbedaan sumber daya alam inilah, maka muncul ide untuk saling memperdagangkannya. Pada akhirnya, selain perdagangan internasional terciptalah istilah perdagangan antar pulau. Ada beberapa tujuan perdagangan antar pulau.

Meskipun mendatangkan banyak keuntungan namun perdagangan antar pulau ini seringkali masih terkendala oleh berbagai factor. Salah satunya yaitu masalah infrastruktur sehingga biaya logistic semakin meningkat. Misalnya saja di Pelabuhan. Proses bongkar pasang ini membutuhkan banyak waktu. Padahal perdagangan yang dilakukan antar pulau ini bisa menyatukan semua pulau di Indonesia.

Tujuan Perdagangan Antar Pulau di Indonesia

Berikut ini beberapa manfaat dari perdagangan yang dilakukan antar pulau yang harus diketahui:

  1. Mendapatkan Keuntungan
    Pada setiap daerah, pasti terjadi perbedaan harga yang cukup banyak. Perbedaan harga yang cukup jauh tentu membawa keuntungan yang besar untuk para penjualnya. Harga kayu jati di Kalimantan tentunya lebih murah dibandingkan dengan jati yang ada di Jawa. Akibatnya banyak yang memilih untuk membeli langsung rotan dari tempat asalnya yaitu Kalimantan.

  2. Menyediakan Alat Pemuas untuk Konsumen
    Pada era yang sudah lebih modern, perdagangan antara pulau ini kini menjadi lebih mudah. Oleh karena itu, perdagangan ini bisa menjadi salah satu alat pemuas untuk konsumen karena bisa merasakan sumber daya alam dari tempat lain.

  3. Memperluas Jangkauan Pasar
    Para penjual yang ada di berbagai pulau akan merasa bahwa jangkauan pasarnya menjadi lebih luas. Tidak hanya beberapa pulau saja seperti Pulau Jawa dan Sumatera. Karena jangkauan pasarnya yang luas, para penjual di beberapa pulau dapat menguasai perdagangan antar pulau di Indonesia. Apalagi sudah banyak e-commerce yang ada di Indonesia sehingga membeli atau menjual barang bukan menjadi sesuatu yang sulit.

  4. Membuka Lapangan Kerja
    Karena jangkauan pasarnya yang luas, penawaran serta permintaan juga semakin meningkat. Dengan peningkatan kedua hal tersebut, maka kondisi ini mendorong terbukanya lapangan pekerjaan di beberapa tempat. Harapannya yaitu supaya tingkat produktivitasnya dapat diiringi dengan sumber daya manusia yang memadai sehingga barang yang dihasilkan bisa lebih memuaskan.

  5. Memenuhi Kebutuhan pada Area Pulau Tertentu
    Setiap pulau tentunya punya kekayaan yang berbeda. Dengan adanya perdagangan antar pulau diharapkan masyarakat yang rumahnya jauh atau berseberangan pulau juga ikut merasakan barang atau produk yang tidak bisa didapatkan pada wilayahnya sehingga segala kebutuhan terpenuhi. Inilah manfaat perdagangan antar pulau yang paling utama. Pemerataan fasilitas dan penyeberangan barang kebutuhan yang menjangkau semua wilayah adalah alasannya.

  6. Terjalin Hubungan Baik Antar Pulau
    Semakin luas jangkauan pemasaran produk maka relasi atau hubungan yang dibangun antar masyarakat di pulau satu dengan pulau lainnya juga lebih baik. Selain dari sisi ekonomi, manfaat perdagangan antar pulau juga bisa menimbulkan efek positif dalam aspek sosial masyarakat begitu pula jika dibandingkan dengan manfaat perdagangan antar negara. Interaksi masyarakat yang memiliki perbedaan budaya akan timbul serta saling menghargai.

  7. Perkembangan IPTEK
    Seiring dengan berjalannya waktu, permintaan produk juga lebih banyak sehingga dibutuhkan inovasi terbaru khususnya dari segi IPTEK untuk memenuhi permintaan yang ada.

  8. Meningkatkan Kemakmuran dan Kesejahteraan Rakyat
    Jika manfaat yang lainnya bisa terpenuhi maka kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat juga akan tercapai dengan baik. Perdagangan antar pulau sangat dibutuhkan untuk negara kepulauan dan maritim seperti Indonesia.

FreightSight Mengabarkan Tujuan Perdagangan Antar Pulau atau Daerah

Freightsight menjadi sentral berita, analisis, serta data logistik di Indonesia. Website kami menyediakan berita tentang dunia logistic baik import, eksport, perbedaan ekspor dan impor, domestik, dan lainnya. Freightsight berkomitmen menjadi portal berita logistic yang up to date, informatif serta terpercaya. Kami sangat berharap informasi yang kami sajikan bisa meningkatkan wawasan dalam dunia logistic. Ingin berlangganan newsletter? Daftarlah di website kami.

FAQ

Apa perbedaan perdagangan antar negara dan antar pulau?

-Pada perdagangan antarnegara, suatu negara bisa menjual barang atau jasanya ke negara lain dan dapat membeli barang/jasa dari negara lain. Dalam perdagangan antar pulau, kita hanya bisa melakukan perdagangan antardaerah atau pulau dalam lingkup satu negara.

Mengapa adanya perdagangan antar pulau atau antar daerah bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat?

-Perdagangan antar daerah atau antar pulau bisa meningkatkan kesempatan kerja bagi masyarakat karena dengan adanya perdagangan antar daerah atau pulau, maka Kawasan perdagangan menjadi lebih luas. Ini akan menyebabkan jumlah permintaan dan produksi barang meningkat sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Bagikan artikel ini: