freightsight
Minggu, 27 November 2022

INFO INDUSTRI

Apa Saja Hambatan dalam Perdagangan Internasional? Ini Penjelasannya

31 Maret 2022

|

Penulis :

Freightsight Researcher

perdagangan internasional

Suatu negara tidak akan sanggup memenuhi kebutuhan penduduknya sendiri. Untuk itulah, suatu negara akan melakukan kerja sama dengan negara lain atau disebut dengan perdagangan internasional. Ini merupakan kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh suatu negara dengan negara lain karena ada beberapa factor tertentu seperti tidak dapat menghasilkan barang dan jasa sendiri atau ada kepentingan khusus antar negara tersebut.

International trade merupakan kegiatan jual beli barang atau jasa yang saling menguntungkan yang dilakukan antar negara atas dasar kesepakatan bersama. Biasanya ini berbentuk ekspor dan impor. Kegiatan ini mendorong perkembangan industrialisasi, globalisasi dan investasi asing. Dalam pelaksanaan perdagangan antar negara, tidak semua hal bisa berjalan dengan lancar. Ada beberapa hambatan dalam prosesnya.

Hambatan Perdagangan Internasional

International trade sudah terjadi sejak lama dalam kegiatan perdagangan. Berikut ini beberapa faktor yang dapat menghambat berlangsungnya perdagangan antar negara:

  1. Kebijakan Pemerintah
    Sekalipun memberikan dukungan atas perdagangan antar negara, namun negara juga tetap harus melindungi industry dalam negeri dengan membatasi jumlah produk asing yang ada di pasar domestic. Bentuk hambatannya antara lain:
  • Tarif atau Bea Cukai
    Ini lebih dikenal dengan sebutan pajak ekspor/impor. Ini adalah beberapa uang dengan nominal tertentu yang harus dibayarkan kepada pemerintah untuk membawa masuk (impor) barang ke negaranya.

  • Non Tarif
    Berbagai bentuk usaha untuk menghambat arus masuk barang ke dalam negeri tetapi sifatnya bukan dalam bentuk pungutan misalnya dengan adanya penerapan kuota, penentuan standar produk, kebijakan pelanggaran, sampai dengan aturan ketat tentang masalah Kesehatan serta berbagai isu yang berhubungan dengan lingkungan.

  • Pembatasan Jumlah (Quantity)
    Ini dilakukan dengan membatasi jumlah barang atau kuota yang diizinkan untuk diimpor dalam satu periode waktu tertentu.

  • Mata Uang (Kurs)
    Negara eksportir biasanya mengajukan pembayaran dalam bentuk mata uang negara eksportir kepada negara pengimpor. Untuk itulah maka ditetapkan mata uang internasional. Di samping itu, ada peraturan administrasi, peraturan antidumping dan konflik perang yang mana ini bisa menjadi sebuah penghambat.

  1. Perbedaan Bahasa
    Sebelum melakukan perdagangan internasional, ada kesepakatan yang memang harus disetujui oleh kedua belah pihak. Bahasa dapat menjadi hambatan karena dapat menyebabkan terjadinya kesalahpahaman.

  2. Perbedaan Peraturan Negara
    Setiap negara tentunya memiliki peraturan sendiri sehubungan dengan kegiatan ekspor impor. Perbedaan peraturan inilah kadang yang akan menimbulkan kendala yang akan menghambat perdagangan antar negara misalnya ketika negara pengimpor harus mematuhi negara eksportir atau sebaliknya.

  3. Proses yang Membutuhkan Waktu
    Proses impor dan ekspor biasanya harus melewati persyaratan yang cukup rumit. Ini menyebabkan waktu yang dihabiskan bisa lebih lama.

  4. Organisasi Ekonomi
    Ada banyak organisasi ekonomi yang berdiri dengan tujuan melindungi kepentingan anggotanya. Organisasi ini lebih mementingkan keuntungan anggotanya sehingga dapat menghambat negara lain yang bukan anggotanya dalam menjalankan perdagangan internasional. Misalnya Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan Masyarakat Ekonomi Eropa (MEE). Kebijakan ekonomi yang dikeluarkan akan lebih mengutamakan kepentingan anggotanya. Banyak kemudahan dan manfaat yang didapatkan oleh anggota organisasi dibandingkan yang bukan anggota.

  5. Rendahnya Kualitas SDM
    Tingkat pendidikan berpengaruh pada kualitas produksi. Jika suatu negara kaya terhadap hasil alam tetapi tidak memiliki SDM yang memadai untuk mengolahnya maka produk yang dihasilkan juga memiliki nilai rendah. Itu tentunya akan berpengaruh pada nilai jual hingga sulit bersaing dengan produk yang serupa hasil produksi negara lain.

Ketahui Kebijakan Perdagangan Internasional Lewat Freightsight

Freightsight adalah sentral berita, analisis dan data logistic yang ada di Indonesia. Dengan membaca informasi di Freightsight, anda mengetahui lebih dalam tentang dunia perdagangan baik dalam negeri maupun luar negeri sekaligus mengetahui lebih banyak informasi mengenai freight forwarder. Freightsight memiliki nilai keunggulan sebagai sumber berita yang up-to-date dan informatif. Artikel yang kami sajikan tidak hanya mencakup berita atau kabar terbaru namun juga ada opini ahli dan laporan industry.

FAQ

Apa tujuan utama dari international trade?

-International trade memiliki tujuan utama untuk memperoleh keuntungan dari kegiatan tersebut.

Apa akibatnya jika suatu negaa tidak melakukan international trade?

-Tidak bisa memenuhi kebutuhan dalam negeri, tidak bisa melakukan ekspor import dan kurang dikenal karena tidak menjalin hubungan internasional dengan negara lain.

Bagikan artikel ini:

Tags: -