freightsight
Sabtu, 4 Februari 2023

INFO INDUSTRI

Manfaat Perdagangan Antar Negara yang Perlu Diketahui

31 Maret 2022

|

Penulis :

Freightsight Researcher

manfaat perdagangan antar negara

Perdagangan antar negara atau perdagangan internasional menjadi pembahasan yang paling mendasar dalam kajian ekonomi internasional. Aktivitas perdagangan dilakukan untuk mendistribusikan barang dan jasa dari produsen ke konsumen. Aktivitas ini tidak hanya berlangsung dalam satu negara namun juga dilakukan secara internasional. Ada banyak manfaat perdagangan antar negara maupun tujuan perdagangan antar pulau yang bisa dirasakan oleh suatu negara, termasuk Indonesia.

Latar belakang perdagangan secara internasional adalah tidak semua negara bisa memenuhi semua kebutuhan secara mandiri. Mau tidak mau, negara harus mendatangkan komoditas dari negara lainnya sehingga terjadilah antara dua pihak atau lebih. Transaksi perdagangan tersebut tentunya harus sejalan dengan kesepakatan dan peraturan agar masing-masing merasakan manfaatnya.

Manfaat Perdagangan Antar Negara atau Internasional

Ada berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh negara-negara pelaku perdagangan luar negeri, baik itu berhubungan dengan aspek ekonomi hingga politik dan sosial. Beberapa manfaat yang didapatkan dari perdagangan internasional antara lain:

  1. Mendapatkan Keuntungan Secara Finansial
    Sama seperti prinsip perdagangan pada umumnya, maka tujuan utama dari kegiatan jual beli adalah mendapatkan keuntungan. Apabila suatu negara menjual produknya keluar negeri maka mereka akan mendapatkan keuntungan secara material. Pasar internasional dengan jangkuan yang luas memungkinkan produsen untuk mendapatkan banyak pelanggan dalam skala global. Sedangkan pihak konsumen juga diuntungkan karena pilihan produk yang lebih banyak yang sesuai dengan kebutuhan serta selera mereka.

  2. Mendapatkan Produk yang Tak Tersedia
    Manfaat perdagangan internasional yang lain yaitu masyarakat bisa memperoleh barang ataupun jasa yang tidak tersedia di dalam negeri. Setiap negara pasti memiliki berbagai kebutuhan baik untuk kepentingan pemerintah atau masyarakatnya. Ini dipengaruhi oleh banyak hal seperti kondisi alam dan geografis yang berbeda, ketersediaan sumber daya manusia dan sumber daya alam, kemajuan teknologi dan sebagainya. Inilah yang menyebabkan suatu negara perlu mengimpor barang dari luar negeri.

  3. Hubungan Bilateral dan Multilateral Terbina dengan Baik
    Hubungan antara pihak-pihak yang terlibat pun terjalin dengan adanya aktivitas dagang antara dua negara atau lebih. Hubungan ini dinamakan dengan istilah bilateral dan multilateral dalam dunia internasional. Bilateral merupakan hubungan Kerjasama internasional antara dua negara. Multilateral adalah hubungan kerjasama internasional yang melibatkan 3 negara atau lebih. Ini tentu memberikan manfaat untuk beberapa pihak yang terlibat. Hubungan baik yang terjalin tanpa mengenal batas wilayah, bangsa atau ras bisa berkembang dengan lebih erat. Bukan hanya dalam hal perekonomian namun juga bisa meluas ke aspek yang lainnya.

  4. Transfer Teknologi
    Salah satu manfaat dari perdagangan internasional yang cukup signifikan pada era modern adalah adanya transfer teknologi. Wilayah-wilayah dunia terbagi atas negara yang berbeda-beda dengan kemajuan teknologi yang juga berbeda. Negara maju menghasilkan alat-alat teknologi canggih yang bisa dikirimkan ke wilayah negara berkembang.
    Dengan demikian, kegiatan produksi dapat dapat berlangsung dengan efektif dan efisien. Ini bisa mendorong dunia industry yang semakin berkembang. Untuk mendorong kemajuan teknologi supaya tidak tertinggal, maka beberapa negara melakukan import alat modern yang tidak mereka produksi sendiri. Dengan adanya alat yang canggih, maka mereka akan terbantu dalam menjalankan aktivitasnya.

  5. Devisa Negara yang Meningkat
    Hubungan perdagangan antara negara diwujudkan, salah satunya, lewat kegiatan ekspor atau menjual produk keluar negeri. Kegiatan ekspor tersebut tentu menyumbangkan devisa negara. Semakin tinggi volume ekspor maka semakin besar penerimaan devisa.

Ketahui Manfaat Perdagangan Antar Negara atau Internasional di Freightsight

Freighsight adalah pusat berita tentang logistic di Indonesia. Website Freightsight berisi informasi yang paling update mengenai dunia logistic, termasuk perdagangan antarnegara maupun kebijakan perdagangan internasional. Sebagai portal berita, kami berkomitmen menyediakan informasi yang terpercaya dan uptodate serta informatif. Kami berharap berita yang kami upload bisa menambah informasi dan wawasan masyarakat untuk lebih mengenal dunia logistic. Ingin berlangganan newsletter dari kami? Silahkan mendaftar di website ini.

FAQ

Apa itu perdagangan antar negara?

-Perdagangan antar negara adalah aktivitas perdagangan yang dilakukan oleh masyarakat suatu negara dengan masyarakat negara lain atas dasar kesepakatan bersama.

Apa saja ciri-ciri perdagangan antar negara?

-Menggunakan mata uang asing yang sudah disepakati, memiliki lingkup yang lebih luas dan tidak mengenal Batasan negara, perselisihan dalam perdagangan akan diselesaikan dengan hukum internasional, memiliki standar mutu khusus yang harus dipenuhi seperti ISO 4000, ISO 9000 dan lainnya.

Bagikan artikel ini:

Tags: -