freightsight
Kamis, 2 Mei 2024

PENGIRIMAN LAUT

Tarif Transatlantic Masih Turun Meskipun Beberapa Perdagangan Laut Mulai Stabil

27 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Harga spot peti kemas dari Eropa Utara ke pantai timur AS turun di bawah $4.000 per 40 kaki.

Negosiasi tarif kontrak di trans pasifik dalam ketidakpastian.

Harga spot peti kemas dari Eropa Utara hingga ke pantai timur AS turun di bawah $4.000 per 40 kaki minggu ini, setelah mengalami penurunan separuhnya 12 bulan terakhir.

Komponen head haul trans-atlantik Freightos Baltic Exchange (FBX) turun 5% lagi, sehingga tarif rata-rata turun $ 3.894 per 40 kaki, karena injeksi kapasitas yang agresif oleh operator memberikan tekanan ke bawah pada tarif.

Memang, dengan laporan anecdotal tentang kapal-kapal berlayar dari Eropa Utara hanya 60% penuh, hanya dalam hitungan minggu sebelum tarif di jalur perdagangan turun ke tingkat rata-rata $ 2.000 biasanya terlihat pada rute tersebut. Tantangan bagi maskapai trans-atlantik adalah menstabilkan tarif pada level tersebut.

Di tempat lain, negosiasi tarif kontrak di trans pasifik dalam ketidakpastian, karena BCO dan maskapai penerbangan tampaknya enggan berkomitmen pada kesepakatan baru hingga prospeknya jelas.

Harga spot dari Asia ke pantai barat AS berada di, atau mendekati titik terendah, dengan pembacaan XSI Xeneta turun hanya 1% minggu ini, dengan rata-rata $ 1.218 per 40 kaki, dengan operator menggembar-gemborkan harga terendah absolut $ 1.000 di pasar.

Tetapi operator yang sama mencari setidaknya dua kali lipat dari harga tersebut untuk kargo yang dikontrak.

Konsultan Jon Monroe berpendapat penandatanganan kontrak pada minggu pertama bulan April untuk musim kontrak trans pasifik akan diperpanjang hingga pertengahan tahun. Ia mengatakan: "Jika tidak ada yang tertarik, diperkirakan waktu kontrak akan diperpanjang hingga Juni."

Dia memperkirakan tarif kontrak baru untuk pantai barat AS disepakati di wilayah $ 1.400 hingga $ 1.500 per 40 kaki.

BCO menghadapi dilema untuk pantai timur AS, di mana harga spot terus menurun, WCI Drewry menunjukkan penurunan 2% lagi minggu ini, menjadi $ 2.598 per 40 kaki, menunjukkan harga spot kargo di rute ini masih harus dicapai.

Sementara itu, harga spot dari Asia ke Eropa Utara tampaknya telah mencapai, atau sangat dekat, dengan titik terendahnya. Komponen XSI Eropa Utara minggu ini datar pada rata-rata $1.479 per 40 kaki. Ini dibandingkan pembacaan untuk minggu yang sama setahun yang lalu dengan rata-rata $12.600 - tidak termasuk biaya peralatan dan biaya muatan prioritas merupakan norma industri saat itu.

Untuk pelabuhan Mediterania, harga spot berada di jalur pemulihan, dengan pembacaan FBX menunjukkan kenaikan minggu kedua berturut-turut, meningkat 4%, menjadi $ 2.892 per 40 kaki.

Ada laporan ke The Loadstar minggu ini tentang ekspor dari China ke Eropa Utara dan Mediterania digulirkan lagi, karena operator memperketat strategi blanking dan sliding mereka. Faktanya, komentar Ningbo Containerized Freight Index melaporkan minggu ini ruang menjadi "sempit" pada sebagian besar pelayaran dari China.

Namun ada pandangan lebih optimis dari Orient Overseas (International), perusahaan induk OOCL, dalam presentasi hasil setahun penuh tahun 2022 minggu ini. Dikatakan: "Faktor muatan pada beberapa rute menunjukkan tanda-tanda perbaikan yang jelas," menunjukkan maskapai penerbangan laut dapat mengatasi kemerosotan terburuk.