freightsight
Rabu, 17 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Akibat Harga Spot Menurun, Tarif Kontrak Menjadi Kunci Stabilitas Kapal

13 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via disway

Tarif terbaru perdagangan trans pasifik dan Asia-Eropa membuat beberapa kapal laut terpapar pada pasar spot.

Harga spot peti kemas minggu ini terus mengarah ke selatan.

Perang tarif terbaru pada perdagangan trans pasifik dan Asia-Eropa membuat beberapa kapal laut, terlalu terpapar pada pasar spot, mencatatkan kuartal pertama merugi sejak dimulainya pandemi.

Dalam skenario terburuk, tingkat suku bunga "dapat meniru posisi terendah ekstrem pada tahun 2016", menurut CEO Vespucci Maritime, Lars Jensen.

Itu adalah tahun menyaksikan runtuhnya Hanjin Shipping, mendorong putaran konsolidasi kapal panik. Dan Jensen memperingatkan perang tarif "dapat meningkat" jika aliansi tidak dapat menyepakati demi menarik kapasitas yang cukup.

"Tarif pengangkutan, dalam beberapa kasus, sudah berada di bawah tingkat sebelum pandemi. Fakta bahwa operator masih belum menarik kapasitas yang cukup untuk menyesuaikan dengan penurunan permintaan menyiratkan beberapa peningkatan volume yang menguntungkan di atas tingkat tarif," kata Jensen.

Memang, harga spot peti kemas minggu ini terus mengarah ke selatan, semua indeks melacak harga rata-rata menunjukkan angka merah.

Komponen Asia-Eropa Utara Xeneta turun 5% $1.491 per teu, setelah kehilangan 11% pada bulan ini dan hampir sepertiga dari nilainya sejak awal tahun.

Jalur perdagangan Asia-Mediterania, hingga saat ini terbukti lebih tangguh, mulai mengalami penurunan besar, dengan WCI Drewry turun 8% pada minggu ini $ 2.287 per teu.

Di trans pasifik, Freightos Baltic Exchange (FBX) Asia ke pantai barat AS menurun menjadi $ 1.040 per 40 kaki minggu ini - tingkat akan menjadi sub-ekonomis bagi operator, tetapi untuk kargo basis kontrak dengan nilai lebih tinggi yang mengisi kapal mereka. Untuk pelabuhan pantai timur dan Teluk AS, pembacaan FBX turun 3,5% pada minggu ini, menjadi $ 2.266 per 40 kaki.

Meskipun demikian, BCO di jalur perdagangan masih lebih memilih stabilitas lebih besar dari harga kontrak daripada volatilitas ekstrem pasar spot. Faktanya, seorang eksekutif dari perusahaan ritel AS mengatakan kepada The Loadstar di sela-sela konferensi S&P Global TPM baru-baru ini di Long Beach bahwa perusahaannya tidak memiliki staf untuk memantau pasar spot setiap hari.

"Kami tidak memiliki orang atau keahlian untuk bermain di pasar spot, jadi kami akan mendapatkan kesepakatan kontrak yang adil dari beberapa operator, dan mungkin juga menggunakan NVOCC tahun ini untuk menutupi impor kami dari China," katanya.

Dan survei Xeneta terhadap basis pelanggannya menegaskan keengganan para pengirim untuk menempatkan persentase volume terlalu tinggi ke pasar spot. Sebuah jajak pendapat oleh perusahaan pembanding tarif angkutan menemukan setengah dari responden "bernegosiasi selama satu tahun seperti biasa", sementara seperlima melakukannya dengan penyesuaian yang terkait dengan indeks, dan hanya 10% yang hanya menggunakan pasar spot.

Dan di trans-atlantik, erosi harga spot semakin cepat, dengan komponen XSI Eropa Utara ke pantai timur AS merosot 8% minggu ini, menjadi $ 4,781 per 40 kaki.

Drewry memperkirakan tingkat utilitas pelayaran head haul turun hanya 60% setelah adanya suntikan kapasitas sangat besar pada perdagangan tersebut.

"Itu hanya berarti satu hal: tarif yang lebih rendah," komentar Simon Heaney dari Drewry.