freightsight
Minggu, 28 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Tarif Spot Menyusut, Pertanda Buruk Bagi Operator

20 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kontainer bersandar di pelabuhan

via pexels

Tarif spot melanjutkan penurunan mingguannya, tingkat ekspor dari China ke Eropa dan AS merosot antara 80% dan 90% dari level tahun lalu.

Maersk mengatakan minggu lalu tarif kontrak tahun ini untuk layanan linernya "menuju tarif spot". Pada kenyataannya, sebuah momentum yang tampaknya semakin cepat saat perjanjian berakhir.

Menurut perusahaan pembandingan tarif angkutan, Xeneta, ada "pergeseran mendasar" di pasar angkutan laut yang telah secara signifikan mempersempit selisih antara tarif spot dan kontrak. Data crowd-source Xeneta untuk lima rute headhaul utama dari Asia memberikan bukti diskon besar yang telah disetujui operator laut untuk kesepakatan baru, dengan sebagian besar kontrak 2023 masih harus dinegosiasikan dan ditandatangani.

Dikatakan pada pertengahan Desember, pengirim melaporkan bahwa mereka membayar rata-rata $3.900 per 40ft lebih dari harga spot untuk kontrak jangka panjang dari Asia. Namun, pada 12 Februari, Xeneta mengatakan premi kontrak menyusut menjadi hanya $810. Memang dengan banyak kontrak tahunan Asia-Eropa yang masih harus diselesaikan, dan musim kontrak transpasifik yang resmi belum dimulai. Setiap kesepakatan terkait indeks baru kemungkinan besar akan ditetapkan pada harga spot saat ini.

Peter Sand, kepala analis di Xeneta mengatakan, meskipun tarif jangka panjang "awalnya melewati badai", zona nyaman untuk operator antara tarif spot dan kontrak sekarang "semuanya berubah".

“Pada akhirnya, kekuatan pasar terbukti tak tertahankan,” kata Sand.

Ia mencatat ada lebih banyak berita yang tidak disukai operator tentang durasi kontrak baru. Dia mengatakan 20% pelanggan Xeneta yang disurvei baru-baru ini mengatakan bahwa mereka mempersingkat durasi kontrak baru dan hanya berkomitmen antara tiga dan enam bulan, "untuk mendapatkan keuntungan dari apa yang diharapkan menjadi tren penurunan yang berkelanjutan".

Sementara itu, pasar spot melanjutkan penurunan mingguannya, tingkat ekspor dari China ke Eropa dan AS merosot antara 80% dan 90% dari level tahun lalu. Komponen Asia-Eropa Utara Xeneta merosot 2% lagi minggu ini, menjadi rata-rata $1.637 per 40 kaki. Sementara tarif di pasar disebut-sebut oleh operator kurang dari $1.000 per 40 kaki. Untuk pelabuhan Mediterania, pembacaan WCI Drewry turun 3% dalam seminggu menjadi $2.581 per 40ft. Untuk rute Asia transpasifik ke pantai barat AS, tarif FAK siap ditawarkan di bawah $1.000 per 40 kaki, dengan Freightos Baltic Exchange (FBX) mencatat sedikit selip dalam kurs spot rata-rata minggu ini menjadi $1.244 per 40 kaki.

Adapun premi untuk pelabuhan pantai timur AS terus terkikis, komponen WCI kehilangan 4% lagi minggu ini menjadi tarif rata-rata di bawah $3.000, menjadi $2.996 per 40 kaki. Namun, jalur perdagangan transatlantik tetap menguntungkan untuk saat ini, bagi operator, meskipun XSI turun lagi 3% minggu ini, menjadi $5.269 menjelang suntikan kapasitas besar oleh operator.