freightsight
Minggu, 12 Mei 2024

PENGIRIMAN LAUT

Penurunan Harga Spot Satu Minggu Lagi – Inilah ‘Carrot Danglers’

26 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan via indoshippinggazette.com

Indeks kurs spot kontainer mencatat penurunan dua digit untuk Asia-Eropa dan tarif kontainer head haul trans pasifik.

Kedua komponen ini turun 58% dan 53%, dalam 12 bulan terakhir – tetapi tetap tiga kali lebih tinggi daripada sebelum pandemi.

Indeks kurs spot kontainer mencatat penurunan dua digit untuk Asia-Eropa dan tarif kontainer head haul trans pasifik.
Pasar mengharapkan kontraksi lebih lanjut beberapa minggu mendatang, sebelum bangkit kembali akhir tahun. Komponen WCI Asia-Eropa Utara Drewry turun 10% jadi $6.027 per 40ft, sementara pembacaannya untuk pelabuhan Mediterania merosot 13%, menjadi $6.419 per 40ft.

Kedua komponen ini turun 58% dan 53%, dalam 12 bulan terakhir – tetapi tetap tiga kali lebih tinggi daripada sebelum pandemi. Pasar beruang tarif pengiriman telah mengakibatkan banjir tarif 'penawaran khusus' yang muncul di folder spam The Loadstar - "carrot danglers", kontak eksekutif penerusan Inggris menggambarkannya hari ini.

Beliau berkata: “Taktik yang mengganggu kembali, dengan forwarder menawarkan tarif untuk menarik dukungan, yang sebenarnya merupakan tarif yang diprediksi untuk dua hingga tiga minggu lagi. Sangat mudah untuk mengutip tarif yang sangat rendah jika Anda tidak benar-benar menjalankan bisnis, ” tambahnya.

"Tarif memang turun, tapi saya tidak curiga mereka akan turun ke level terendah/pra-pandemi,” katanya. "Yang diperlukan hanyalah pemusnahan massal kapal ke dalam layar kosong untuk menaikkan laju, dan saya merasa itu akan datang."

Faktanya, eksekutif mengatakan kepada The Loadstar bahwa beliau memperkirakan tarif dari China ke Inggris turun $3.500-$4.000 per 40ft – tingkat sekitar dua kali lipat dari tarif pasar pra-pandemi – setelah itu, mengharapkan tarif “bangkit kembali”.Di samping itu, di jalur perdagangan trans pasifik, pembacaan XSI Asia-AS pantai barat Xeneta mencatat penurunan besar 14% minggu ini $3.727 per 40ft, untuk menurunkan komponen 34% bulan ini.

Pada minggu yang sama tahun lalu, kurs spot 40 kaki pada trade lane, termasuk biaya premium untuk jaminan peralatan dan ruang, berada di kisaran $19.000. Menurut data Xeneta, 1,5 m teu kapasitas telah ditarik dari rute selama 12 minggu terakhir, tetapi permintaan melemah dan percepatan pergeseran pantai ke pelabuhan pantai timur AS tidak mampu memperlambat laju erosi.

Minggu ini melihat panggilan terakhir di Los Angeles dari layanan premium China-California Express (CCX) Matson diharapkan operator domestik dan trans pasifik AS akan "berlanjut hingga 2023". Menurut pendapat kepala analis Xeneta, Peter Sand, jatuhnya harga di pasar spot "akan berdampak pada perjanjian kontrak jangka panjang dalam waktu dekat hingga jangka menengah".

Terlepas dari pertumbuhan kargo di pelabuhan pantai timur dan Teluk AS menurut analisis John McCown terkait sepuluh pelabuhan peti kemas AS, meningkatkan volume peti kemas impor 12% YoY di bulan Agustus, menjadi 1,2 juta teu – jalur perdagangan tidak kebal terhadap penularan penurunan tarif angkutan. Freightos Baltic Index (FBX) melaporkan harga spot dari Asia ke pantai timur AS turun 8% minggu ini, $7.835 per 40ft. Mereka berkurang setengah nilainya sejak awal tahun.