freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

INFO INDUSTRI

Pengirim Berharap Stabilitas dan Layanan, Bukan Tarif Pengiriman Terendah

6 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Perusahaan pelayaran putus asa untuk menghidupkan kembali hubungan, mendapatkan kontrak yang ditandatangani dan MQC (komitmen jumlah minimum), untuk menghindari paparan yang berlebihan ke pasar spot.

“Layanan akan selalu mengalahkan harga,” kata seorang delegasi di konferensi S&P Global TPM minggu ini.

Manajer pengadaan BCO berusaha mencapai hal itu selama awal tradisional hingga acara musim kontrak transpasifik.

Banyak yang didampingi oleh eksekutif C-suite mereka, karena hampir 4.000 orang berjejaring dan menemukan ruang di sekitar aula untuk diskusi kontrak awal dengan operator laut.

Perusahaan pelayaran putus asa untuk menghidupkan kembali hubungan, mendapatkan kontrak yang ditandatangani dan MQC (komitmen jumlah minimum), untuk menghindari paparan yang berlebihan ke pasar spot. XSI Asia ke komponen pantai barat AS Xeneta tergelincir poin persentase lainnya minggu ini, menjadi $1.581 per 40 kaki, tetapi tarif FAK yang lebih rendah tersedia secara luas.

Seorang eksekutif pengadaan BCO mengatakan kepada The Loadstar bahwa dia melihat kargo bergerak di bawah $1.000 per kotak, dan telah ditawari tarif yang lebih rendah.

“Saya tidak merasa nyaman tentang hal itu. Pada tahap tertentu, laju akan melonjak kembali, tidak ada stabilitas dan kami tidak dapat menganggarkan. Adapun untuk pantai timur AS, tarif spot dari Asia anjlok dengan cepat, turun menjadi sekitar $2.000 per 40 kaki – mempertanyakan ekonomi transit yang lebih panjang, jalur perdagangan semua air yang jauh lebih mahal untuk operator yang melayani rute tersebut," jelasnya.

Desas-desus beredar, kesepakatan kontrak yang jauh lebih pendek selama tiga bulan dan beberapa kontrak 12 bulan yang biasa dikaitkan dengan indeks untuk menawarkan keamanan bagi pengirim dan pengangkut.

“Pekerjaan saya akan dipertaruhkan jika saya menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan harga yang terlalu tinggi dan kemudian tarifnya jatuh lagi,” kata seorang eksekutif pengecer besar kepada The Loadstar.

“Kita harus bekerjasama untuk menyelesaikan ini. Sama sekali tidak ada gunanya mendapatkan tarif yang konyol dan kemudian mengetahui bahwa mereka telah mengosongkan layar atau menggulingkan kargo kita.”

Meski tidak dibahas secara khusus pada sesi kontrak TPM, beberapa pengirim menyatakan keprihatinan tentang rapuhnya jalur perdagangan Asia-Eropa. Banyak negosiasi kontrak tahunan yang biasanya terjadi pada bulan November dan Desember telah ditunda sementara volatilitas di pasar terus berlanjut.

Pembacaan WCI Asia ke Eropa Utara Drewry minggu ini turun 2% lagi, menjadi $1.593 per 40 kaki, meskipun 'tarif pasar' FAK dari semua operator utama adalah sekitar $1.000 per 40 kaki.

Tarif Mediterania juga terus merosot, dengan komponen WCI menurun 2%, menjadi $2.477 per 40 kaki. Di transatlantik, masih menjadi 'permata di mahkota' untuk operator, pembacaan XSI stabil di $5.173 per 40 kaki. Namun demikian, kepala analis Xeneta, Peter Sand, percaya hanya masalah waktu sebelum tingkat inflasi turun kembali ke level $2.000 yang stabil secara historis.

“Tebakan terbaik saya adalah bahwa tingkat transatlantik akan menjadi normal dalam enam bulan ke depan,” katanya kepada peserta selama sesi penyelaman dalam perdagangan di TPM.