freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Operator Mendapatkan Apa yang Mereka Bisa Akibat Penurunan Tarif Berlanjut

27 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via unsplash

Jelang musim negosiasi tarif kontrak tahunan trans pasifik tradisional, tidak ada perlambatan erosi tarif spot peti kemas Asia-AS.

Jalur perdagangan Asia-AS lebih kuat mengalami penurunan keuntungan spread premium.

Menjelang musim negosiasi tarif kontrak tahunan trans pasifik tradisional, tampaknya tidak ada perlambatan erosi tarif spot peti kemas Asia-AS.

Kegagalan operator laut menghentikan penurunan dengan program pelayaran kosong manajemen kapasitas - pada saat sama secara berlawanan dengan diskon besar-besaran untuk tarif jangka pendek - telah membuat jalur trans pasifik terpapar pada penurunan besar dalam tender untuk kontrak baru dimulai pada bulan Mei.

Minggu ini, harga komponen Freightos Baltic Exchange (FBX) Asia ke pantai barat AS turun 4,6%, menjadi $1.181 per 40 kaki dibandingkan harga rata-rata FBX pada minggu yang sama di tahun lalu $15.898, memberikan pengingat yang jelas mengenai seberapa jauh dan seberapa cepat pasar AS telah hancur.

Jalur perdagangan Asia ke pantai timur AS sampai sekarang lebih kuat mengalami penurunan keuntungan spread premium dibandingkan pelabuhan pantai barat, pembacaan WCI AS di pantai timur Drewry turun 4% minggu ini, $ 2.881 per 40 kaki, sebagai contoh.

Titik impas untuk operator USEC Asia akan jauh lebih tinggi dibandingkan layanan pantai barat, karena waktu transit lebih lama menghabiskan lebih banyak bahan bakar dan tingginya biaya tol Panama/Terusan Suez harus diperhitungkan dalam perhitungan pelayaran.

Di tempat lain, di jalur perdagangan Asia-Eropa, para operator melihat margin mereka sebelumnya sehat lenyap dengan setiap perjalanan pulang pergi.

Harga spot Asia-Eropa Utara terendah minggu ini tercatat di Xeneta's XSI pada $1.548 per 40 kaki-turun 5% dari minggu sebelumnya, 13% dalam sebulan dan dibandingkan dengan sekitar $14.500 pada 12 bulan lalu.

Pasar dibanjiri dengan penawaran dari agen ekspedisi berbasis di China menawarkan tarif FAK lebih rendah, dengan masa berlaku pengiriman hingga akhir Maret, menggunakan semua operator utama. Seorang kontak NVOCC berbasis di Felixstowe mengatakan kepada The Loadstar minggu ini menerima penawaran tarif yang lebih rendah "hampir setiap hari".

Dia menambahkan: "Saya bahkan dapat memilih dan memilih maskapai untuk waktu transit terbaik, dan tidak ada lagi biaya tambahan untuk pelabuhan di Inggris. Bahkan, beberapa maskapai memberi saya waktu luang ekstra di dermaga dan akan membebaskan biaya tambahan jika saya membutuhkannya lebih lama.

"Saya pikir mereka (operator) mendapatkan apa yang mereka bisa, selagi bisa," katanya.

Harga spot dari Asia ke Mediterania turun, meskipun fundamental pasar lebih kuat, misalnya, WCI kehilangan 2% minggu ini, $ 2.540 per 40 kaki.

Outlier pasar spot peti kemas tetap menjadi jalur perdagangan trans-atlantik, dengan indeks menunjukkan ketahanan luar biasa menghadapi suntikan kapasitas besar dan akibatnya mengurangi faktor muatan pada rute head haul Eropa Utara ke pantai timur AS.

Pembacaan Eropa Utara ke pantai timur AS untuk indeks FBX, XSI dan WCI hampir datar minggu ini, masing-masing di $ 4,992, $ 5,253 dan $ 5,640 per 40 kaki.

"Tidak seperti perdagangan trans pasifik dan Asia-Eropa, penurunan tingkat utilitas tidak berdampak pada harga dalam perdagangan, mengindikasikan ada mekanisme lain yang berperan menentukan tingkat harga pada perdagangan khusus ini," kata Alan Murphy, CEO Sea-Intelligence.