freightsight
Minggu, 5 Mei 2024

PENGIRIMAN LAUT

Hadapi Pembatasan Terusan Panama, Tarif Transpasifik Diproyeksi Melonjak

9 Juni 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via envato.com

Tarif spot transpasifik dari Asia akan melonjak sebagai konsekuensi dari aksi industri di pelabuhan pantai barat AS dan pembatasan draf Terusan Panama.

Tarif spot transpasifik dari Asia akan melonjak sebagai konsekuensi dari aksi industri di pelabuhan pantai barat AS dan pembatasan draf Terusan Panama.

Diperparah dengan kerusuhan tenaga kerja yang berkepanjangan di pelabuhan akan mempercepat perpindahan kargo ke pesisir timur AS dan gerbang pantai Teluk.

Namun kapal-kapal terbesar yang dikerahkan di loop Panama pantai timur Asia ke AS menghadapi pembatasan draf baru di kunci neopanamax. Ini akan membuat kapal wajib transit di jalur air dengan faktor muatan yang berkurang secara signifikan.

Beberapa operator menerapkan biaya tambahan mulai 1 Juni dan ada desas-desus tentang GRI spesifik yang diumumkan untuk loop Terusan Panama transpasifik.

Merespon kondisi ini, Maersk mengatakan, musim kemarau Panama menyebabkan masalah draft di kanal, mengurangi kapasitas string Panama.

Sementara Hapag-Lloyd melihat bahwa tingkat air yang rendah di dua danau menyebabkan pembatasan yang parah pada kapal.

Operator laut harus mempertimbangkan perampingan kapal yang dikerahkan di loop Terusan Panama pantai timur Asia-AS. Namun pelayaran dengan tonase lebih kecil dapat kehilangan pesanan kecuali jalur tersebut dapat menaikkan tarif secara substansial.

Pilihan mereka yang lain adalah mengarahkan lebih banyak string Asia-USEC melalui Terusan Suez, yang juga akan lebih mahal karena transit yang lebih lama.

Menurut data eesea, perjalanan pulang-pergi pro-forma untuk putaran Panama membutuhkan waktu 77 hari, dibandingkan dengan rata-rata 84 hari untuk rute Terusan Suez.

Melalui Terusan Suez akan berarti tingkat pemanfaatan kapal yang tidak terbatas. Operator juga akan dapat menyerap lebih banyak kapasitas surplus karena kapal tambahan akan dibutuhkan di loop.

Salah satu kontak operator memberi tahu The Loadstar Panama Canal pembatasan draf menjadi mimpi buruk bagi perencana kargo jalur itu.

"Kami harus berbuat salah di sisi konservatif dengan rencana muatan kami karena kami tidak yakin apakah akan ada batasan draf lebih lanjut," katanya.

Sementara itu, Otoritas Terusan Panama (ACP) menegaskan bahwa bulan lalu adalah bulan terkering selama lebih dari 70 tahun, dan muncul kekhawatiran bahwa kekeringan akan semakin parah dengan kembalinya fenomena iklim El Nino akhir tahun ini.

Menurut para ilmuwan, ini dapat membawa gelombang panas yang belum pernah terjadi sebelumnya dan menyebabkan suhu global melonjak.

Namun demikian, ada beberapa curah hujan baru-baru ini di wilayah tersebut, yang memungkinkan ACP untuk menunda pembatasan draf maksimum 13,41 meter (44 kaki) untuk kapal yang melewati kunci dari yang sebelumnya disarankan mulai 30 Mei hingga 13 Juni. Namun batasan tersebut akan dikurangi menjadi 13,26m (43,5 kaki) pada 25 Juni.

Saat ini, ACP belum mengumumkan pembatasan lebih lanjut.
"ACP akan terus memantau ketinggian Danau Gatun dan mengumumkan penyesuaian draf di masa mendatang secara tepat waktu."