freightsight
Rabu, 8 Mei 2024

EKSPOR

Zulhas Diharap Tingkatkan Peluang Ekspor setelah jadi Mendag

16 Juni 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor Indonesia

Zulhas via suarapemerintah.id

Zulkifli Hasan alias Zulhas selaku Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) telah dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) yang menggantikan Muhammad Lutfi.

Maudy di sini juga sangat berharap Kemendag bisa menjadi katalisator untuk para pengusaha muda. Sehingga usaha yang dijalankan ini bisa menembus pasar internasional.

Zulkifli Hasan alias Zulhas selaku Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) telah dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) yang menggantikan Muhammad Lutfi. Zulhas sangat diharapkan bisa membawa kemajuan, terutama di bidang ekspor.

“Saya berharap Menteri yang baru bisa meningkatkan pendapatan negara melalui ekspor dengan cara pemberdayaan serta pelatihan bagi generasi-generasi muda Indonesia,” ungkap Maudy C Palar selaku Ketua Bidang Perdagangan dan Perindustrian DPP Gempar Indonesia, kepada wartawan, Kamis (16/6/2022).

Perempuan yang juga menjabat sebagai CEO Klik Panen itu juga mengatakan bahwa Indonesia memang memiliki peluang yang sangat besar dalam peningkatan kegiatan ekspor.

Gelaran Presiden G20 juga ternyata bisa menjadi sebuah langkah untuk bisa maju bagi pemerintah yang meningkatkan kegiatan ekspor.

“Kita bisa melihat peluang Indonesia kedepan khususnya di bidang ekspor sangat bagus, apalagi tahun 2022 Indonesia menjadi Presidensi G20 ini menjadi momentum kita mengangkat ekonomi kita melalui ekspor,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Maudy di sini juga sangat berharap Kemendag bisa menjadi katalisator untuk para pengusaha muda. Sehingga usaha yang dijalankan ini bisa menembus pasar internasional.

“Dalam hal ini pengusaha yang akan memulai bisnisnya di dunia ekspor dengan cara dipermudah regulasi, permodalan serta tahapan tahapan yang membuat para pemula menjadi mandiri kedepannya khususnya para pelaku pelaku UMKM,” ucapnya.

“Sehingga mereka dalam hal ini pelaku UMKM bisa Go International sehingga hal tersebut dapat meningkatkan devisa negara dan menjadi apa yang di cita-citakan oleh presiden Jokowi,” tandasnya.

Diketahui juga bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) kini sudah resmi melantik dua menteri dan tiga wakil menteri hasil reshuffle Kabinet Indonesia Maju di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Reshuffle kabinet ini juga merupakan yang ketiga kalinya pada masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin.

Dua orang yang dilantik jadi menteri ini adalah Zulkifli Hasan selaku Ketua Umum PAN sebagai Menteri Perdagangan dan Zulhas yang menggantikan posisi Muhammad Lutfi.

Sementara itu, Hadi Tjahjanto selaku mantan Panglima TNI Marsekal (Purn) sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN). Dalam hal ini, Hadi juga telah menggantikan posisi Sofyan Djalil.

Sementara tiga wakil menteri yang dilantik yaitu Raja Juli Antoni selaku Sekretaris Dewan Pembina PSI sebagai Wamen ATR/BPN.

Lalu, kemudian John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) dan ada juga Afriansyah Noor selaku Sekjen PBB sebagai Wakil Menteri Ketenagakerjaan (Wamenaker)