freightsight
Minggu, 5 Mei 2024

PELABUHAN

Usai Kapal Alexander Von Humboldt Singgah di RI, Menhub Katakan Logistik Justru Menjadi Murah

2 November 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

via envato

Menhub Budi Karya Sumadi melihat secara langsung terkait kedatangan kapal kargo CMA CGM Alexander Von Humboldt di Dermaga Jakarta International Container Terminal.

Budi Karya berharap kapal kargo besar itu akan membuat produk dari Indonesia yang semakin diminati di perdagangan internasional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melihat secara langsung terkait kedatangan kapal kargo CMA CGM Alexander Von Humboldt yang berlabuh di Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT), Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (31/10/2022).

Kapal yang berkapasitas 16.000 TEU itu adalah kapal terbesar yang pernah singgah di Indonesia. Budi Karya menganggap bahwa kapal itu memang bisa membuat Indonesia semakin berdaya saing juga meningkatkan performa ekspor. Adapun salah satu target ekspor utama yang akan dituju oleh kapal logistik ini yaitu Amerika Serikat (AS).

“Dengan kapal besar, maka logistic cost yang kita tanam semakin murah. Sehingga daya saing Indonesia semakin meningkat,” kata Budi Karya di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (31/10/2022).

Budi Karya di sini sangat berharap kapal kargo berkapasitas besar itu juga akan membuat produk dari Indonesia yang semakin diminati di perdagangan internasional. Dengan demikian, beliau juga meminta semua pihak baik itu dari pemerintah, BUMN atau swasta harus bekerja sama demi meningkatkan ekspor Indonesia dengan adanya kapal tersebut.

Budi Karya rupanya juga memang sangat menginginkan kapal kargo CMA CGM Alexander Von Humboldt ini bisa meningkatkan jumlah ekspor barang-barang UMKM dan manufaktur.

“Ketika kita mengkonsolidasikan barang-barang dari Indonesia, Indonesia akan semakin baik ekspornya. Saya minta semua stakeholder, dari Pelindo, JITC, dan pemerintah bekerja sama melayani stakeholder, agar efisiensi logistik dapat terwujud, sehingga daya saing kita membaik secara internasional,” tutur Budi Karya.

Kapal Alexander Von Humboldt ini adalah bagian dari kapal yang mendukung operasi Columbus JAX Service, layanan pengiriman yang berhasil menghubungkan Indonesia dan Amerika Serikat (AS). Bukan hanya Kapal CMA CGM Alexander Von Humboldt, rupanya ada 19 kapal lainnya yang mendukung operasi JAX.