freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Kapal Penumpang di Pelabuhan Agats Asmat Kembali Dioperasikan oleh Pelni

15 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kapal penumpang pelabuhan agats

Kapal penumpang via Pelni

• PT Pelni (Persero) akhirnya kembali mengoperasikan kapal penumpang di Pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua.

• Pada Maret 2020 Pemkab Asgat secara tegas mengeluarkan larangan pengoperasian kapal penumpang ke pelabuhan tersebut.

PT Pelni (Persero) akhirnya kembali mengoperasikan kapal penumpang di Pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat, Provinsi Papua. Sebelumnya sebagaimana yang telah diketahui bahwa Pemerintah Kabupaten setempat sempat mengeluarkan larangan untuk pengoperasian kapal penumpang ke pelabuhan tersebut, guna mencegah adanya penularan Covid-19.

Edwin Kurniansyah selaku Kepala PT Pelni Cabang Timika menyampaikan bahwa pelayaran perdana kapal penumpang Pelni sandar di Pelabuhan Agats Asmat nantinya akan mulai dilakukan pada tanggal 5 atau 6 Januari 2022.

"KM Tatamialau akan kembali melakukan pelayanan pelayaran ke Pelabuhan Agats Asmat dari Timika tanggal 5 Januari. Dengan waktu tempuh pelayaran selama 12 jam, kapal itu diperkirakan baru akan sandar di Pelabuhan Agats sekitar tanggal 6 Januari," jelas Edwin.
Kemudian, secara berturut-turut akan ada dua kapal penumpang yang juga akan melakukan sandar di Pelabuhan Agats Asmat, yakni KM Simaru yang akan singgah pada tanggal 11 Januari dan KM Leuser yang akan singgah pada 15 Januari.

Setelah melakukan singgah di Pelabuhan Agats Asmat, semua kapal milik Pelni tersebut nantinya akan berlanjut hingga menuju tujuan akhir yakni di Merauke, dan kembali ke rute yang sama.

Dari penuturan Edwin diketahui bahwa 3 kapal milik Pelni tersebut terakhir kali melakukan pelayaran ke Pelabuhan Agats Asmat adalah pada Maret tahun 2020 lalu, yakni sebelum wilayah tersebut terkena pandemi Covid-19.

Pada Maret 2020 Pemkab Asgat secara tegas mengeluarkan larangan pengoperasian kapal penumpang ke pelabuhan tersebut. Setelah mendapatkan surat yang dikeluarkan Pemkab secara resmi, maka Pelni tidak bisa melakukan pelayaran.

Akan tetapi setelah kasus Covid-19 di wilayah tersebut berangsur menurun, khususnya sejak Oktober 2021, Elisa Kambu selaku Bupati Asmat, kembali mengirimkan surat pada pimpinan PT Pelni untuk meminta pengoperasian kembali kapal penumpang di wilayahnya.

"Kami menerima surat dari Bupati Asmat pada bulan Oktober 2021. Beliau meminta KM Tatamailau untuk singgah di Pelabuhan Agats. Selanjutnya pada bulan Desember 2021 lalu Bupati Asmat kembali mengirim surat meminta agar tiga kapal penumpang Pelni sudah bisa beroperasi kembali ke Pelabuhan Agats mulai awal Januari ini," tutur Edwin.