freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Untuk Tingkatkan Layanan Penyeberangan dan Pelabuhan Bermutu Prima, ASDP Gandeng Pelindo dan Pelni

11 Juli 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

BUMN

Dokumentasi via indoposnews.id

Tiga BUMN berkolaborasi meningkatkan jasa pelayanan penyeberangan dan pelabuhan bermutu prima bagi pengguna jasa.

ASDP sepakat menjalin kerja sama strategis dengan Pelindo.

Tiga BUMN, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo dan PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni berkolaborasi meningkatkan jasa pelayanan penyeberangan dan pelabuhan bermutu prima bagi pengguna jasa.

Kolaborasi ditandai Penandatanganan Nota Kesepahaman antara ASDP dengan Pelindo terkait Kerja Sama Pelayanan Jasa Kepelabuhanan serta Pemanfaatan Aset juga bersama Pelni tentang Kemitraan Strategis dan Sinergitas BUMN disaksikan Budi Karya Sumadi selaku Menteri Perhubungan, di Jakarta, Jumat (8/7/2022).

"Ini merupakan sinergi yang baik dari tiga BUMN. Dimana ketiganya memiliki mandat yang tidak ringan, untuk melayani baik penumpang maupun barang ke pulau-pulau sampai ke pelosok wilayah Indonesia,” ujar Menhub.

Menhub berharap kolaborasi ini, pergerakan barang efisien memberikan nilai tambah untuk masyarakat. “Kita ingin ada kegiatan end to end yang baik. Pelni memiliki rute kapal sampai ke Papua, nanti ASDP yang meneruskannya sampai ke titik akhir. Kemudian, Pelindo memiliki pelabuhan yang memberikan dukungan kepada Pelni dan ASDP. Kita ingin semua kegiatan supply chain ini berjalan dengan baik,” tutur Menhub.

Ira Puspadewi Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengapresiasi kerja sama dan sinergi BUMN antara Pelindo dan Pelni didukung oleh Kementerian Perhubungan khususnya mewujudkan percepatan konektivitas transportasi Indonesia lancar, andal, aman serta selamat.

"Alhamdulillah, kerjasama dan sinergi ini dapat terwujud berkat dukungan regulator Kementerian BUMN dan juga Kementerian Perhubungan, yang tentunya dengan semangat untuk terus menjaga keterhubungan seluruh wilayah Indonesia melalui layanan transportasi yang bermutu prima," tutur Ira.

ASDP sepakat menjalin kerja sama strategis dengan Pelindo tentang pengoperasian dermaga Pelabuhan Ciwandan juga Panjang milik PT Pelindo sebagai alternatif pelabuhan antisipasi layanan angkutan Lebaran, Natal serta Tahun Baru serta kegiatan Nasional lainnya sesuai kebijakan diambil pemerintah.

"Kerja sama ini tentu berangkat dari suksesnya inisiasi Kementerian Perhubungan dalam pengoperasian Pelabuhan Ciwandan sebagai alternatif yang membantu mengurai kepadatan saat Angkutan Lebaran 2022 kemarin. Selanjutnya, kami berharap rencana kerja sama ini dapat segera berlanjut ke tahap PKS, dan selain dapat mendukung kelancaran layanan penyeberangan dan pelabuhan bagi masyarakat, tetapi juga meningkatkan keunggulan layanan baik dari ASDP dan Pelindo," tutur Ira.

Arif Suhartono Direktur Utama Pelindo mengatakan, “Menindaklanjuti hal tersebut, kami menyepakati pemanfaatan dermaga Pelindo khususnya Pelabuhan Ciwandan dan Pelabuhan Panjang sebagai alternatif untuk mengantisipasi arus Lebaran, Nataru dan kebutuhan lainnya sesuai arahan Pemerintah yang secara formal dituangkan dalam MoU ini,” ucapnya.

Arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri 1443H/2022, Pelindo mendukung Pemerintah menjadikan Pelabuhan Ciwandan, Banten dan Pelabuhan Panjang, Lampung sebagai pelabuhan alternatif aktivitas mudik untuk mengurai kepadatan jalur penyeberangan Merak-Bakauheni.

Sedangkan pemanfaatan aset, rencananya diimplementasi Hak Pengelolaan Lahan (HPL) dari Pelindo di Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Bitung oleh ASDP ke depan dilakukan pengembangan lanjutan memberikan manfaat optimal.

Pelindo dan ASDP memiliki hubungan pelayanan jasa kepelabuhanan di wilayah timur Indonesia yaitu Pelabuhan Waingapu–Pelabuhan Sumba serta Pelabuhan Ende – Pelabuhan Flores, dimana ASDP menggunakan Pelabuhan dari Pelindo mendukung kegiatan dari ASDP.

“Sebagai partner yang sinergis, tentunya Pelindo siap mendukung berbagai kebutuhan operasional ASDP yang tidak terbatas pada kegiatan pelayanan kepelabuhanan, tetapi juga pada pelayanan kapal, bongkar muat, maupun penjualan tiket dan lainnya di Pelabuhan-Pelabuhan yang kami kelola,” tutup Arif.

ASDP menjalin kerja sama strategis dengan PT Pelni penjualan tiket kapal, penggunaan space dock galangan, kerja sama pemanfaatan learning center sebagai penunjang pendidikan dan latihan, kerja sama potensi bisnis memperkuat menguntungkan keduanya.