freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Pelabuhan Gili Mas Siap Sambut Event World Superbike Mandalika

25 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

© Pelindo III via Facebook

Saat ini bisa dikatakan bahwa dukungan transportasi telah mencapai 100%, demi mendukung kesuksesan event Wolrd Superbike Mandalika November sampai Motogp Maret 2022. Event ini tentunya adalah event yang sangat besar, sehingga support transportasi dan logistik adalah hal yang sangat penting. Setelah sebelumnya bandara internasional lombok merampungkan persiapannya, kini jalur moda transportasi laut juga ikut bersiap.

“Secara operasional sudah sangat siap. Terminal penumpang, peti kemas, logistik, dan lainnya sudah siap kami layani” terang General Manager PT. Pelindo III, Pelabuhan Lembar, Baharudin (8/10/2021)

Nantinya meskipun sedang digelar event WSBK, kegiatan transportasi penumpang, dan logistik jalur Lombok-Surabaya via pelabuhan lembar, akan tetap bisa berjalan. Pihaknya juga meyakinkan bahwa suport transportasi laut ketika pelaksanaan event WSBK akan mereka penuhi.

Pelabuhan Lembar, ternyata bukan satu-satunya pelabuhan yang disiapkan untuk mendukung event WSBK. Karena ternyata ada pelabuhan Gili Mas yang nantinya juga akan beroperasi sebagai transportasi logistik, dan penumpang untuk jalur Lombok-Banyuwangi. Sebelumnya di bandara ini telah dibuat terminal untuk kapal pesiar, nah tempat inilah yang akan dialih fungsikan untuk transportasi peti kemas, serta penyeberangan penumpang, sebagaimana yang dilakukan oleh Pelabuhan Lembar.

“Di Terminal Gili Mas, ada tiga kapal yang beroperasi untuk jalur Banyuwangi-Lombok. Ada kapal mutiara timur, mutiara barat, dan mutiara sentosa. Kalau di pelabuhan lembar ada DLN Oasis dan Roro,” lanjutnya.

Dengan adanya pelabuhan lembar dan terminal Gili Mas, nantinya setiap penonton yang ingin melihat event WSBK dan Motogp akan dengan mudah memiliki akses, khususnya untuk mereka yang memang berasa di Pulau Jawa. Tidak hanya itu, pelabuhan ini juga mampu mendukung logistik untuk persiapan event.

“Kapasitas terminal penumpang kami di gili mas, bisa menampung orang sebanyak 1.300 setiap hari” katanya.

Dalam kesempatan yang sama, Baharudin juga menyampaikan bahwa masih ada potensi kendala di pelabuhan Gili Mas, yang mana saat ini telah ada jadwal kapal pesiar yang akan datang pada Oktober-November. Akan tetapi, dikarenakan kondisi masih pandemi, jadi tidak ada yang bisa memastikan kedatangan 6 kapal pesiar tersebut.