freightsight
Senin, 23 Mei 2022

INFO INDUSTRI

Langkah Pemerintah Untuk Tanggapi Milenial yang Melirik Bisnis Ekspor

11 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

La Havre © Ines Mills via Unsplash

Pada acara penerimaan gerakan muda pembaharu Indonesia, wakil menteri perdagangan (Wamendag), Jerry Sambuaga, memberikan respon positifnya, terhadap kemungkinan gairah anak muda yang berkemungkinan untuk menjadi bagian dar pelaku ekspor. Pada acara tersebut, selain kedatangan Petrus Sihombing selalu ketua gerakan, datang pula para pengurusnya di kantor kementerian perdagangan.

Wakil Menteri Perdagangan, menyoroti bahwa fenomena lahirnya kaum milenial dalam dunia enterpreneur belakangan sudah cukup marak, kemudian belakangan ini ternyata banyak diantara mereka yang ternyata mulai mengembangkan keinginannya untuk menyentuh dunia ekspor.

Menurut Jerry, ini adalah hal baik karena sebagai kamu milenial maka mereka akan mampu melihat banyak peluang baru, dan berpikir out of the box untuk mengembangkan berbagai macam produk ekspor.

ÔÇ£bukan hanya sektor-sektor yang mainstream yang dikembangkan, seperti kopi atau porang, anak muda juga pintar mengembangkan produk-produk unik misalnya yang serius garap kelapa, pelepah pisang, dan lain sebagainya. Sekilas barang-barang yang sederhana atau bahkan dianggap sampah, tapi di tangan anak muda yang kreatif, semua bisa menjadi barang yang bernilai ekonomisÔÇØ ujar Jerry pada keterangan tertulisnya, Minggu (3/10/2021).

Selain itu, dari pengamatan wakil menteri perdagangan, menyoroti bahwa ada banyak sekali sektor-sektor bisnis kreatif yang saat ini diisi oleh anak-anak muda, beberapa sektor bisnis yang kini dipegang oleh kaum milenial adalah seperti game online, aplikasi, film animasi, simulator, dan masih banyak lagi lainnya.

Hal lain yang juga tidak lepas dari sorotan Jerry adalah masalah crypo yang juga banyak dipelopori oleh kaum milenial. Kita semua tahu bahwa belakangan ini crypo memang sedang sangat banyak penggemarnya di Indonesia.
Tingginya minat anak-anak muda sebagai pelaku usaha untuk ekspor, seharusnya menjadi hal yang sangat penting jadi, berbagai stake holder seharusnya bisa melakukan sinergi lintas kementerian, untuk saling mendukung, sehingga nantinya, semua akan bisa berjalan dengan baik, dan semakin maju.

Semakin maju industri ekspor Indonesia, tentunya hal ini juga akan memberikan pengaruh yang baik pula untuk perekonomian Indonesia.

Bagikan artikel ini:

Tags: