freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Tutup Celah Ruang PCTC, Eksportir Mobil China Beralih ke Kontainer

7 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via detik.com

Terbatasnya ruang pengangkutan mobil dan truk murni (PCTC) mendorong beberapa produsen mobil China menggunakan kontainer untuk mengekspor mobil mereka.

Terbatasnya ruang pengangkutan mobil dan truk murni (PCTC) mendorong beberapa produsen mobil China menggunakan kontainer untuk mengekspor mobil mereka. Yang menjadi sorotan adalah tarif pengiriman terendah sejak tahun lalu, sementara harga ruang pada operator mobil terus melonjak.

Forwarder Cina, Qingdao Shengyun International mengatakan kepada The Loadstar bahwa perusahaan telah menggunakan kontainer untuk memindahkan kendaraan baru ke pelanggan mereka di Amerika Serikat (AS) untuk sementara waktu.

“PCTC cenderung dibangun untuk disewakan jangka panjang kepada pembuat mobil dan sulit untuk menemukannya secara ad hoc. Sekarang tarif angkutan peti kemas mendekati tingkat pra-Covid-19, banyak pengirim yang memindahkan mobil dalam kontainer," kata seorang perwakilan Qingdao Shengyun Internasional.

Pembatasan pergerakan yang diberlakukan selama gelombang awal pandemi Covid-19 memangkas permintaan mobil, hingga membuat beberapa PCTC lama dihapuskan dan ada kecenderungan untuk membangun kapal baru. Saat gaya hidup pra-pandemi berlanjut, permintaan kendaraan kembali pulih hingga menyebabkan kekurangan PCTC.

Kepala kapal feri pengangkut kendaraan VesselsValue, Dan Nash mengatakan kepada The Loadstar bahwa rata-rata tarif spot kendaraan ringan di PCTC dari Shanghai ke Eropa barat laut (Zeebrugge, Southampton, Bremerhaven) telah menguat sebesar 17% bulan lalu, dari rata-rata tarif di kuartal empat tahun 2022. Sebaliknya, tarif peti kemas spot pada rute yang sama semakin melemah pasca Tahun Baru Imlek dengan rata-rata $1.700/feu yang belum termasuk tarif penanganan.

"Membandingkan angkutan laut dari Shanghai untuk kedua moda, pabrikan harus membayar empat kali lipat lebih banyak untuk ruang PCTC dibandingkan peti kemas saat ini yang tunduk pada pengirim atau pengangkut barang," tutur Nash.

Menurut grup pengiriman Jerman, Karl Gross, ada kontainer yang dirancang khusus untuk memindahkan kendaraan yang menawarkan slot untuk tiga atau empat kendaraan tergantung ukurannya, memiliki jalur landai di dalamnya untuk penumpukan ganda atau diagonal.

Pada tanggal 1 Februari, Chang'an Minsheng, unit transportasi Chang'an Automobile milik negara, pembuat mobil tertua di Tiongkok, menandatangani kontrak affreightment (COA) dengan unit Cosco Guangzhou HiSeas Autoship, yang berlaku hingga 2027 untuk pengiriman mobil Chang'an.

Sejak Oktober 2022, HiSeas telah menandatangani COA dengan tiga pembuat mobil rekan senegara lainnya, China FAW Group, Dongfeng Liuzhou Motor dan SAIC Motor.

Keuntungan lain dari pengiriman mobil di peti kemas adalah dapat dipindahkan dengan kereta api, yang mana terkait dengan upaya menghadapi sanksi terhadap pengiriman melalui laut ke Rusia, pemerintah China ingin meningkatkan volume angkutan kereta api.

China Railway mengatakan bulan lalu China-Europe Railway Express mengoperasikan sekitar 1.410 kereta dan mengangkut 147.000 feu, masing-masing meningkat 6% dan 13% year-on-year – 16 Januari menyaksikan China-Europe Express pertama, layanan kereta api khusus untuk Ekspor mobil China, sejak saat itu banyak pengirim mobil China telah mengirimkan kendaraannya ke Eropa.