freightsight
Jumat, 26 April 2024

PENGIRIMAN DARAT

Tahun Depan Kereta Api Logistik Makassar-Pare Pare Akan Mulai Beroperasi

29 Desember 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kereta logistik

Kereta logistik via MNC Media

• Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pembangunan jalur Kereta Api Makassar – Parepare di Sulawesi Selatan, bakal selesai pada tahun 2022.

• Di sisi lain, Zulfikri selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, mengatakan bahwa pembebasan lahan proyek pembangunan KA Makassar – Parepare telah ditargetkan akan selesai pada awal 2022.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan pembangunan jalur Kereta Api Makassar – Paepare di Sulawesi Selatan, bakal selesai pada tahun 2022, dan nantinya akan siap mengangkut kebutuhan logistik batu bara sampai semen.

Budi Karya Sumadi, selaku Menteri Perhubungan, menyampaikan proyek transportasi berbasis rel tersebut kemungkinan akan bisa beroperasi mulai pertengahan tahun depan, atau lebih tepatnya pada kuartal III atau IV.

“Kita harapkan kuartal III atau kuartal IV akan selesai dan kita mulai mengoperasikan di tahun 2022 mendatang. Belum sampai Makassar tapi mungkin sudah sampai Maros,” Kata Budi dalam Jumpa Pers Akhir Tahun di kantor Kemenhub, Selasa (21/12/2021).

Ia menilai target yang ada adalah sejalan dengan adanya perkembangan pembangunan jalur KA Makassar-Parepare yang sampai saat ini telah mencapai 80 persen, karena itu hanya tinggal finalisasi dan membentuk konsorsium untuk mengelolanya. Ke depan, KA Makassar-Parepare akan menjadi angkutan komoditas batubara dan semen. Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan oleh Menhub.

“Untuk saat ini progresnya baru mencapai 80 persen hingga akhir tahun dan nantinya siap untuk mengangkut logistik dan semen,” ujarnya.

Untuk masalah pembangunan, dia juga menjelaskan ada dua main line atau jalur utama yang dilakukan melalui pembiayaan APBN. Kemudian pembangunan ke arah pabrik Semen Tonasa dan ke Garongkong yang dibiayai dengan skema KPBU.

"Jadi kita tinggal finalisasi, kita mau lihat lelang atau penunjukan, tapi ini nanti ada konsorsium, pemerintah pusat dan pemerintah daerah dan beberapa BUMN menjadi satu," imbuh Menhub.

Di sisi lain, Zulfikri selaku Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, mengatakan bahwa pembebasan lahan proyek pembangunan KA Makassar – Parepare telah ditargetkan akan selesai pada awal 2022.

"Memang tahun depan kami perkirakan di bulan Mei-Juni bisa dioperasikan untuk di main line dan termasuk di jalur utama. Main line tinggal sekitar 60 kilometer dengan posisi sampai akhir tahun [progres pembangunan] 85 persen," sebutnya.