freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Sub Holding Pelindo Mulai Bergerak Ambil Alih Jasa Maritim di Sumatera

26 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan

Port logistics @ KarstenBergmann via Pixabay

• Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, yakni PT Pelindo Jasa Maritim, mulai menindaklanjuti pengambil alihan pengoperasian sejumlah pelabuhan yang berada di wilayah Sumatera.

• Sejak tanggal 1 Januari 2022 lalu, serah terima antara Pelindo pada Subholding telah dilakukan, untuk masalah bentuk kerjasamanya akan menggunakan skema revenue sharing.

Subholding PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo, yakni PT Pelindo Jasa Maritim, mulai menindaklanjuti pengambilalihan pengoperasian sejumlah pelabuhan yang berada di wilayah Sumatera.

Diani V.A selaku Sekretaris Perusahaan Subholding Pelindo Jasa Maritim, menyampaikan selain melakukan pengambilalihan pengoperasian, Pelindo Jasa Maritim saat ini juga tengah melakukan persiapan pemeliharaan peralatan yang ada di berbagai pelabuhan yang ada di Sumatera.

“Kita ketahui bersama bahwa sejak merger pada 1 Oktober 2021, terbentuklah PT Pelindo Jasa Maritim yang merupakan Subholding PT Pelabuhan Indonesia [Persero] yang fokus pada marine service, di mana pelayanan kapal di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo kini ditangani oleh SPJM,” terangnya melalui siaran pers, Kamis (10/1/2022).

Dia melanjutkan, secara bertahap pihak direksi dan tim SP JM akan melakukan kunjungan ke berbagai pelabuhan yang dikelola oleh Pelindo, termasuk diantaranya yang ada di wilayah Sumatera. Salah satunya ia mengatakan, kunjungan dilakukan ke Pelabuhan Perawang Pekanbaru.

“Kunjungan itu bertujuan untuk membahas potensi bisnis dan peninjauan peralatan di pelabuhan tersebut,” terangnya.

Kemudian, selanjutnya akan dilakukan kunjungan ke Terminal Petikemas (TPK) Perawang Pekanbaru, yang mana dalam kunjungan tersebut juga akan dilakukan pembahasan potensi bisnis serta peninjauan peralatan di cabang tersebut.

Sejak tanggal 1 Januari 2022 lalu, serah terima antara Pelindo pada Subholding telah dilakukan, untuk masalah bentuk kerjasamanya akan menggunakan skema revenue sharing.
Setelah proses serah terima selesai dilakukan, hal berikutnya berlanjut pada pengalihan saham Pelindo pada Anak Perusahaan kepada Subholding sesuai klaster pelayanan petikemas, pelayanan non petikemas/multi terminal dan pelayanan jasa maritim atau pada tiga Subholding Pelindo yakni PT Pelindo Terminal Petikemas, PT Pelindo Multi Terminal, PT Pelindo Jasa Maritim.

“Proses restrukturisasi Pelindo ini kemudian akan dilanjutkan dengan pemurnian bisnis Anak dan Cucu Perusahaan Pelindo di masing-masing klaster,” ujar Direktur Utama Pelindo Arif Suhartono.