freightsight
Minggu, 4 Desember 2022

INFO INDUSTRI

Pelindo Marines Kolaborasi Dengan Insan Maritim Untuk Hijaukan Bakau Romokalisari

4 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Penghijauan

Pelindo marines via Istimewa

• Pelindo Marines melakukan sinergi dengan insan maritim pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, untuk bisa melakukan penghijauan ekosistem bakau Romokalisari di pesisir utara Surabaya.

• Edi Supratman selaku Wakil Ketua KUB Bahari Sejahtera menambahkan, kelompok-kelompok nelayan memberikan sambutan baik atas inisiatif lingkungan seperti yang saat ini dilakukan oleh Pelindo Marines.

Anak usaha BUMN Pelindo, Pelindo Marines melakukan sinergi dengan insan maritim pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya, untuk bisa melakukan penghijauan ekosistem bakau Romokalisari di pesisir utara Surabaya.

Lia Indi Agustiana selaku Direktur Keuangan, SDM, dan Umum Pelindo Marines, menyampaikan ekosistem bakau yang berada pada kawasan Pelabuhan Tanjung Perak tersebut, baru-baru ini memang sedang viral, pasalnya belum lama ini Eri Chayani, Walikota Surabaya melakukan kegiatan jetski di sana, hal tersebut dia lakukan dalam rangka penyiapan lokasi sebagai salah satu obyek wisata bahari.

“Kami mencoba menggalang semangat kolaborasi dari para insan maritim di Pelabuhan Tanjung Perak ini karena kelestarian ekosistem bakau di Romokalisari ini akan lebih berkelanjutan dan semakin meluas habitatnya. Terutama untuk mendukung rencana Pemkot Surabaya yang ingin menjadikan lokasi ini obyek wisata bahari,” katanya dalam rilis, Rabu (22/12/2021).

Ia juga menyampaikan bahwa kolaborasi ini turut dihadiri oleh perwakilan insan maritim, yang mana diantaranya adalah, Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Perak, Kantor Kesyahbandaraan Utama Tanjung Perak, Pelindo Sub-Regional Jawa Timur, Direksi Teluk Lamongan, dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Pemerintah Kota Surabaya.

“Semangat kolaborasi dalam aksi peduli lingkungan ini sejalan dengan rangkaian Peringatan HUT ke-10 Pelindo Marines atau satu dekade yang pertama dengan mengusung tema Dekade Kolaborasi,” ujarnya.

Lia kembali melanjutkan bahwa semangat kolaborasi yang dimiliki oleh pegawai Pelindo Marines berlandaskan dari kolaborasi kebaikan kepada sosial masyarakat dan lingkungan (TJSL/CSR).

“Semangat kolaborasi dalam membantu sesama dan lingkungan ini kemudian menjadi motivasi untuk semangat berkolaborasi sebagai bagian dari integrasi Pelindo yang baru merger,” imbuhnya.

Edi Supratman selaku Wakil Ketua KUB Bahari Sejahtera menambahkan, kelompok-kelompok nelayan memberikan sambutan baik atas inisiatif lingkungan seperti yang saat ini dilakukan oleh Pelindo Marines.

“Ekosistem bakau yang lebih lestari dapat menambah pendapatan nelayan, karena tidak hanya menjaring ikan, tapi bisa menangkap kepiting dan udang. Jadi ada manfaat ekonomi lebih, selain itu kami berharap diberdayakan dalam rencana pengembangan atraksi wisata di pesisir Romokalisari ini,” ujarnya.