freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

SEKDA Berharap Bogor Bisa Jadi Hub Untuk Wilayah Aglomerasi

11 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Kargo Terminal

Cargo Terminal © dashu83 via Freepik

Dalam acara sosialisasi RCEP di Kota Bogor, Syarifah Sofiah selaku sekda bogor menyampaikan harapannya pada wakil menteri perdagangan, Jerry Sambuaga secara langsung, agar nantinya bogor bisa menjadi hub untuk dilayah Algomerasi Jabodetabek dalam kegiatan ekspor impor yang akan dilakukan pada berbagai negara mitra dagang dalam Perjanjian Kementerian Ekonomi Komprehensif Lokal (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP)

Acara sosialisasi tersebut digelar di kota bogor, pada Selasa (5/10/2021) dan tentu saja dihadiri oleh banyak tokoh penting yang berkaitan. Selain itu, Sekretaris Daerah Bogor juga menyampaikan alasan dari harapannya adalah karena, saat ini Bogor memang sudah memiliki beberapa produk yang masuk pasar ekspor.

"Jadi, siapa tahu Kota Bogor bisa menjadi hub-nya pak, karena ada beberapa produk Kota Bogor yang sudah ekspor saat ini dan kami harap kami bisa memanfaatkan RCEP ini." tutur Syarifah.

Akan tetapi, memiliki produk yang telah berhasil masuk pasar ekspor bukan satu-satunya alasan mengapa Sekda ingin Bogor bisa menjadi Hub, alasan lainnya adalah, karena saat ini hub aglomerasi memang sedang dalam proses melakukan pengembangan proyek smart city, dan juga science city. Yang mana pengembangan yang mereka lakukan tersebut sejalan dengan berbagai penelitian yang juga sedang digarap oleh Institusi Pertanian Bogor.

Menurut Syarifah Sofiah, penelitian tersebut bisa menjadi peluang untuk produk-produk lokal agar berkembang, dan masuk pada pasar ekspor di RCEP. Selain itu, masih ada lagi alasan lain, yakni pihak Pemerintah Bogor, tidak mungkin bisa melakukan negosiasi dengan negara-negara mitra dagang RCEP sendirian.

"Karena kalau kita jalan sendiri-sendiri dengan ketidakmampuan negosiasi internasional kita akan menjadi orang yang kalah." lanjutnya.

Meskipun permintaan tersebut telah disampaikan secara langsung pada Wakil Menteri Perdagangan, akan tetapi Jerry belum memberikan tanggapannya. Dalam pertemuan tersebut ia hanya mengajak semua pelaku usaha di kota bogor untuk mau bersama-sama segera memanfaatkan fasilitas ekspor ke negara-negara tujuan, sebagaimana kandungan penjanjian RCEP yang ada saat ini.