freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

INFO INDUSTRI

Pemerintah Yakin Surplus Perdagangan Tahun Ini Akan Lampaui Tahun Lalu

11 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan

Dock View © Alex Duffy via Unsplash

Dari pengamatan yang telah dilakukan, pemerintah, melalui kementerian perdagangan (KEMENDAG) menyatakan optimismenya, bahwa pencapaian surplus perdagangan tahun 2021 ini, akan melampaui tahun lalu. Besar pula harapannya bahwa berbagai macam perjanjian dagang yang telah disepakati nantinya akan mampu menunjang kegiatan ekspor Indonesia ke berbagai negara mitra.

Akan tetapi, Jerry Sambuaga, selaku Wakil Menteri Perdagangan, mengingatkan semua pihak untuk tidak lengah dengan surplus dagang yang kini telah berhasil diraih Indonesia. Semua pihak, yakni pemerintah dan juga para pelaku usaha ekspor, harus sama-sama selalu waspada terhadap berbagai macam kemungkinan yang mungkin saja akan mampu memberikan tekanan pada laju permintaan, serta harga produk ekspor dari Indonesia.

Berdasarkan data yang telah dipublikasikan oleh BPS, surplus dagang barang Indonesia dari kurun waktu Januari hingga Agustus 2021, berhasil memecahkan rekor sebesar USD 19,17 miliar. Data tersebut menunjukkan bahwa Indonesia berhasil memecahkan rekor selama 5 tahun terakhir. Sedangkan surplus dagang keseluruhan di tahun 2020 adalah sebesar USD 21,74 miliar.

"Masih ada empat bulan lagi hingga akhir tahun tapi angka surplus sudah mendekati capaian sepanjang 2020. Saya yakin akhir tahun nanti surplus perdagangan kita akan lebih tinggi dari tahun lalu," ujar Jerry, Selasa (5/10).

Pada kesempatan yang sama, Jerry juga menjelaskan bahwa sampai hari ini, pihak kementerian perdagangan telah menandatangani sebanyak 23 perjanjian dagang di seluruh dunia. selain itu, ada pula sebanyak 12 perjanjian dagang yang kini masih dalam proses kesepakatan dan perundingan.

Dengan fakta yang disebutkan di atas, maka Indonesia bisa terbilang memiliki posisi yang cukup kokoh di tengah pasar global. Bahkan, bisa dikatakan pula bahwa peran Indonesia di pasar global cukup penting.

Karena alasan di ataslah, pihak kementerian perdagangan, ingin agar semua pelaku usaha memiliki optimisme, dan juga berusaha terus meningkatkan kualitas produk. Karena dengan kualitas yang baik, maka produk-produk Indonesia akan mampu bersaing di pasar ekspor.