freightsight
Jumat, 3 Februari 2023

PENGIRIMAN UDARA

Resmi Ditambah Jumlah Rute Penerbangan Perintis yang Ada di Bandara Juwata Kaltara

16 Januari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via myedisi.com

Bandara Juwata Tarakan di Kaltara punya 16 rute penerbangan yang melayani wilayah Kaltara dan sebagian wilayah Kaltim.

Angkutan perintis kargo bisa membantu menekan disparitas harga kebutuhan pokok masyarakat di kota dan pedalaman dengan lebih terjangkaunya biaya distribusi.

Tahun ini, Bandara Juwata Tarakan di Kalimantan Utara sudah punya 16 rute penerbangan yang sudah melayani wilayah Kaltara dan sebagian wilayah Kalimantan Timur. Kehadiran rute ini pun tentu saja merupakan bagian dari program Subsidi Ongkos Angkut (SOA) perintis dari APBN tahun 2023

"Program angkutan udara perintis ini merupakan fokus dan peran serta nyata dari pemerintah dalam upaya meningkatkan konektivitas dan mengatasi persoalan logistik di daerah terpencil, tertinggal, terluar dan perbatasan (3TP)," kata Plt Kepala Badan Layanan Umum Unit Penyelenggara Bandara Juwata Tarakan Ceppy Triono, Selasa, 10 Januari 2023.

Penerbangan perintis yang ada di Bandara Juwata juga rupanya telah dilayani sejak tahun 2015 lalu dengan pelayanan pada sembilan rute penerbangan penumpang. Untuk tahun ini saja, jumlahnya juga sudah bertambah menjadi 16 rute perintis penumpang dan lima rute perintis kargo.

Adapun rute perintis ini rupanya yang menghubungkan daerah pedalaman seperti Long Bawan, Long Layu, Binuang, Long Sule, Long Ampung, Long Alango dan Long Pujungan ke kota kabupaten Malinau, Nunukan, Tarakan maupun ibu kota provinsi Kaltara di Tanjung Selor. Seperti yang telah diketahui, akses jalan darat yang ada di sekitar Kaltara masih sulit karena memang masih dikelilingi hutan.

Transportasi udara pun kini justru telah menjadi pilihan demi bisa bermobilisasi dengan cepat dan aman. Bukan hanya itu, angkutan perintis kargo juga dapat membantu menekan disparitas harga kebutuhan pokok masyarakat yang ada di kota dan pedalaman dengan lebih terjangkaunya biaya distribusi.

Ceppy di sini pun juga mengatakan bahwa memang pihaknya mengatakan pada tahun ini saja sudah ada 1.976 penerbangan penumpang dan 624 penerbangan kargo yang akan dilayani. "Tahun 2023 ini dengan target penumpang yang akan kami layani sekitar 19.500 penumpang dan 202.000 kg atau sekitar 202 ton kargo," kata dia.

Pada tahun 2022, Bandara Juwata juga telah melayani masyarakat melalui angkutan perintis penumpang dengan 16 rute dan angkutan perintis kargo 5 rute. Tercatat penumpang yang diangkut juga sudah ada sekitar 19.000 orang dan 231 ton barang kargo.

Rute perintis

Bandara Juwata kini resmi melayanj 16 rute untuk penerbangan perintis penumpang. Rute tersebut antara lain Tarakan - Long Bawan, tarakan – Maratua, Malinau – Long Pujungan, Malinau – Long Alango, Nunukan – Long Layu dan Nunukan -Binuang.

Untuk perintis kargo, mereka melayani lima rute, yaitu Tarakan – Long Bawan, Tarakan – Long Ampung, Tarakan – Binuang, Tarakan - Long Sule dan Tarakan – Long Layu.

Pada tahun 2023 saja, sudah terdapat beberapa perubahan, yaitu pengurangan frekuensi di beberapa rute. Diantaranya rute Tarakan – Long Bawan, yang awalnya empat kali sepekan menjadi dua kali sepekan. Rute Nunukan – Long Bawan dari tiga kali sepekan menjadi hanya satu kali sepekan dan rute Malinau – Long Apung dari tiga kali sepekan menjadi dua kali sepekan.

"Hal ini kami lakukan dengan sangat terpaksa dikarenakan adanya keterbatasan anggaran dari Kementerian Perhubungan, dengan opsi mengurangi rute atau mengurangi frekuensi," kata Ceppy yang menyebut faktor penyebabnya adalah keterbatasan pendanaan dari APBN karena adanya kenaikan harga avtur, harga dolar dan kenaikan PPN.