freightsight
Jumat, 19 April 2024

TEKNOLOGI

PTK Terapkan Aplikasi TCSM Demi Dukung Transformasi Digital

16 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Aplikasi

Close-up of man's hand using his mobile phone © c...

Pertamina Trans Kontinental (PTK) memiliki komitmen untuk mewujudkan melakukan transformasi digital dari hulu ke hilir, karena itu bagian Subholding Integrated Marine Logistic kini mulai menerapkan sistem monitoring operasional kapal digital melalui Transko Condition Monitoring System (TCSM).

Dengan diterapkannya TCSM, maka kini pihak PTK mampu melakukan monitoring data harian dari operasional peralatan secara digital pada 355 unit kapal yang melakukan pelayanan distribusi energi di semua pelabuhan Pertamina yang ada di Indonesia.

"Tujuan dari penerapan TCMS ini bukan hanya sebatas mengambil data, namun data yang diambil tentu harus dianalisis oleh ahli, sehingga ada rekomendasi dan planning yang bisa kita eksekusi. Tujuannya untuk selalu melakukan proactive maintenance," jelas Direktur Utama PTK Nepos MT Pakpahan dalam siaran pers, Minggu (14/11/2021).

Di sisi lain pada 10/11 juga dilaksanakan acara go live yang digelar secara daring dan luring. Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa jajaran direksi dan manajemen PTK, serta perwakilan dari berbagai kapal milik PTK yang memang melakukan operasional.

"Untuk meningkatkan kredibilitas, tentu harus dikembangkan pemeliharaan, lalu kita tingkatkan prosesnya dengan digitalisasi," ujar Nepos.

Selain itu, Nepos juga menambahkan bahwa inovasi sistem digital ini adalah perwujudan dari pemeliharaan kapal operasi PTK yang terencana dan juga berkelanjutan.

Keunggulan dari inovasi digital adalah, adanya template data peralatan yang dapat dimodifikasi sehingga mampu disesuaikan dengan kebutuhan kapal itu sendiri. Hal ini bisa mempermudah tim untuk mempersiapkan peralatan dan parameter baru untuk kapal mereka.

"Riwayat data yang tersimpan secara real-time juga dapat digunakan untuk melakukan predictive maintenance system dan analisa kondisi operasi peralatan sebagai acuan dalam meningkatkan upaya pencegahan kerusakan peralatan kapal secara berkala," imbuhnya.

Diketahui pula bahwa pada acara go live tersebut juga dilakukan demonstrasi dari pengisian data secara terperinci.

"Dengan kehadiran TCMS ini, PTK akan mampu menghadapi tantangan dan perubahan di masa yang akan dengan melakukan inovasi yang terus sejalan dengan kebutuhan bisnis perusahaan," tandasnya.