freightsight
Minggu, 28 April 2024

INFO INDUSTRI

PT BSI dan LPEI Sinergi Mendukung Kegiatan Ekspor Nasional

5 April 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Produk Ekspor

Dokumentasi via Investor.id

PT BSI menjalin kerja sama dengan LPEI dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman dengan penyediaan serta pemanfaatan layanan produk perbankan syariah.

Direktur Utama BSI juga menyampaikan bahwa BSI mendukung potensi industri halal sebagai segmen yang harus terus dikembangkan.

PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI) menjalin kerja sama dengan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) dituangkan dalam bentuk penandatanganan nota kesepahaman dengan penyediaan serta pemanfaatan layanan juga produk perbankan syariah.

Adanya kerja sama tersebut BSI berharap dapat menjadi partner dari LPEI demi pengembangan ekspor lewat pembiayaan berbasis syariah, pendanaan atau transaksi digital.

BSI juga mendukung bisnis syariah LPEI untuk percepatan dan transformasi transaksi ekspor. Mulai dari layanan transaction banking, cash management, virtual account, trade services, penerimaan devisa hasil ekspor (DHE), dan layanan ritel lainnya.

Dengan begitu, bisa mempermudah single access untuk nasabah LPEI supaya bertransaksi secara cepat, aman, dan sesuai prinsip syariah.

Hery Gunardi selaku Direktur Utama BSI menyampaikan BSI telah mendukung potensi industri halal sebagai segmen yang harus terus dikembangkan, terutama dari sisi ekspor yang telah banyak memberikan kontribusi besar untuk penerimaan negara.

Beliau juga menjelaskan dalam siaran pers pada Kamis (31/3/2022) dengan adanya kerja sama ini, sangat berharap bisa mendukung peran LPEI dalam transaksi ekspor nasional.

Pada kesempatan itu pun telah dilakukan perjanjian kerja sama akad pembiayaan wholesale senilai Rp 3 triliun akan digunakan untuk pengembangan bisnis LPEI.

Sebagai gambaran per Desember 2021 bahwa kinerja pembiayaan BSI tumbuh positif sebesar 9,32 persen secara year on year.

Dengan demikian, adanya kerja sama tersebut diharapkan bisa mendorong pertumbuhan bisnis dari seluruh aspek terutama peningkatan kualitas ekspor Indonesia.

Di samping itu, Rijani Tirtoso selaku Direktur Eksekutif LPEI berharap kerja sama dengan BSI bisa semakin mendukung LPEI dalam upaya menjalankan perannya sebagai Special Mission Vehicle Kementerian Keuangan RI dalam meningkatkan ekspor nasional.

Pihaknya juga kini merasa optimistis bahwa BSI mendukung LPEI dalam mengoptimalkan pembiayaan ekspor khususnya pada sektor syariah.