freightsight
Kamis, 2 Mei 2024

INFO INDUSTRI

RI Tingkatkan Ekspor Produk Halal ke Oman

24 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Produk halal

Logo halal via koran.tempo.co

• Indonesia memang memiliki potensi ekspor produk halal yang sangat besar, khususnya ke wilayah Timur Tengah.

• Ita Rulina selaku Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia mengatakan bahwa hal ini adalah salah satu inisiatif perdagangan yang perlu untuk diapresiasi.

Indonesia memang memiliki potensi ekspor produk halal yang sangat besar, khususnya ke wilayah Timur Tengah. Jika melihat data yang dimiliki oleh Kementerian Perdagangan ekspor yang dilakukan Indonesia ke wilayah Timur Tengah pada periode Januari – Agustus 2021 lalu adalah mencapai sebesar USD 281,1 juta. Dari total keseluruhan produk, sebagian besarnya didominasi oleh produk makanan dan minuman yakni sebesar 68,92.

Kopi memang merupakan salah satu komoditi ekspor Indonesia yang nilainya sangat tinggi, khususnya di untuk wilayah Oman. Irzan Djohan selaku Duta Besar RI untuk Kesultanan Oman menyampaikan bahwa kompi Indonesia memiliki peminat yang sangat tinggi.

"Komoditas kopi Indonesia sudah sangat dikenal di Oman, tetapi biasanya untuk bisa beli harus dari negara ketiga, tidak didatangkan secara langsung dari Indonesia," kata Irzan dalam sambutan secara virtual seremonial pelepasan ekspor halal, Jumat (21/1/2022).

Karena alasan itu, ekspor kopi tentunya menjadi sesuatu yang sangat dinanti, seperti salah satunya adalah ekspor yang baru saja dilakukan oleh T Geber Ekspor Indonesia yang bersinergi bersama Masyarakat Ekonomi Syariah (MES), Bank Indonesia dan Kadin. Berkat kerja keras dan kerja sama semua pihak akhirnya pelepasan ekspor kopi perdana di Oman bisa dilakukan.

Lebih lanjut, Irzan juga menyampaikan ekspor ini menandai kerjasama nyata perdagangan antara Indonesia dan Oman. Ia juga berharap agar ekspor ini bisa membuka jalur kerjasama perdagangan untuk komoditas-komoditas lain dari Indonesia.

Ita Rulina selaku Direktur Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia mengatakan bahwa hal ini adalah salah satu inisiatif perdagangan yang perlu untuk diapresiasi. Menurutnya, inisiatif yang telah dilakukan KBRI Oman, MES, dan PT Geber Indonesia dalam membuka jalur perdagangan atau yang lainnya perlu untuk didorong bersama.
.
"Kita berharap ke depannya program-program untuk ekspor terus berlangsung," katanya.
Ini merupakan kerja bersama dan Bank Indonesia berkomitmen akan terus mendukung serta mendorong ekspor produk halal dalam negeri ke kancah global. Menurut Ita, Komite Ekspor Halal MES, juga menargetkan peningkatan ekspor yang bisa menjadi acuan untuk ke depannya.