freightsight
Jumat, 26 April 2024

TEKNOLOGI

Produk Perikanan dan Pertanian Harus Diuji Melalui Penelitian Terpercaya

23 Juni 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Ekspor Perikanan dan Pertanian

Illustrasi Riset via bisnisindonesia.id

BRIN kini meluncurkan program fasilitasi Pengujian Produk Inovasi Pertanian (PPIP).

Program fasilitasi PPIP ini dirancang untuk bisa mengakselerasikan dalam menghasilkan produk inovasi perikanan dan pertanian dalam konteks luas.

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kini meluncurkan program fasilitasi Pengujian Produk Inovasi Pertanian (PPIP). Upaya ini diambil sebagai wujud peran serta BRIN untuk memperkuat ekosistem riset serta inovasi untuk mendukung kemandirian pangan nasional.

Laksana Tri Handoko selaku Kepala BRIN, mengatakan PPIP bisa melakukan uji pada produk perikanan. Beliau mengatakan pengujian produk teknologi juga inovasi pertanian perikanan harus bersumber dari data bisa dipercaya guna memastikan keamanan serta manfaat produk inovasi pertanian juga perikanan.

“Teknologi dan inovasi pertanian dan perikanan berperan penting dalam meningkatkan produktivitas dan memperbaiki mutu produk sehingga dapat mampu meningkatkan nilai tambah dan dapat mendukung daya saing bangsa dalam pembangunan nasional,” ungkap Handoko secara daring, Rabu 22 Juni 2022.

Menurutnya, bahwa program fasilitasi PPIP ini dirancang untuk bisa mengakselerasikan dalam menghasilkan produk inovasi perikanan dan pertanian dalam konteks luas. Beliau menyadari bahwa program pendanaan menggunakan skema ini relatif baru sehingga masih perlu dilakukan sosialisasi dengan pelaksanaannya.

Hal senada juga disampaikan Agus Haryono selaku Plt. Deputi Bidang Fasilitasi Riset dan Inovasi. Saat ini pemerintah juga tengah berupaya meningkatkan inovasi di sektor pertanian demi ketahanan pangan melalui penguasaan riset teknologi, infrastruktur juga sumber daya manusia.

Untuk bisa mendukung upaya tersebut, BRIN menggulirkan skema pendanaan melalui skema fasilitasi PPIP ini dan dibuat kompetitif dan terbuka bagi seluruh periset di lembaga riset, perguruan tinggi, juga industri.

Melalui program ini Agus sangat berharap nantinya bisa mempercepat pengujian produk hasil riset yang bisa dibuktikan secara ilmiah.

“BRIN akan terus berkomitmen untuk memfasilitasi pengujian-pengujian hasil produk pertanian dan perikanan serta terus berkembang untuk pengujian hasil produk riset bidang pertanian yang lain sehingga pada akhirnya kegiatan skema fasilitasi PPIP memberikan kepastian kebermanfaatan hasil riset sebelum dapat digunakan masyarakat,” ungkap Agus.