freightsight
Selasa, 5 Juli 2022

PENGIRIMAN LAUT

Perbanyak Inovasi Program Digital dan Perkuat Basis Komunitas Adalah Cara SPIL Atasi Pandemi

22 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Inovasi digital

Hands with laptop and virtual world map © jannoon0...

• SPIL melakukan inovasi dengan adanya layanan SPIL Prime yang memberikan banyak keuntungan untuk para konsumen.

• Ada jaminan uang ganti rugi sampai sebesar Rp400.000 per container 40 feet, apabila asalah satu layanan tidak terpenuhi.

Saat ini sektor bisnis logistik dari ke hari terus mengalami perkembangan inovasi yang mumpuni untuk memberikan pelayanan pengiriman barang dengan lebih pasti dan efisien. Ditambah lagi, saat ini sinyal dar pemulihan ekonomi nasional sudah terlihat semakin kuat. Diketahui pula bahwa pengiriman barang antar daerah di berbagai pelabuhan utama kini juga terus meningkat.

“Transportasi logistik laut masih akan menjadi sarana pengiriman barang yang paling kompetitif karena karakter Indonesia sebagai negara kepulauan. Itu sebabnya, SPIL terus melakukan sejumlah terobosan agar kepentingan pelanggan dan pelaku bisnis dapat terpenuhi,” jelas Joshua Jimmy Kai, Marketing Manager PT Salam Pacific Indonesia Lines (SPIL) dalam press conference secara daring, Jumat (12/11/2021) lalu.

SPIL yang merupakan salah satu perusahaan pelayaran nasional terbesar di Indonesia, saat ini memberikan pelayanan di lebih dari 38 pelabuhan dengan tujuan berbagai daerah hampir di seluruh Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan oleh perusahaan untuk meningkatkan layanan yang lebih lancar dalam pengiriman barang adalah dengan adanya inovasi SPIL Prime.

Untuk setiap konsumen yang nantinya menggunakan pilihan layanan SPIL Prime, akan merasakan beberapa keuntungan, misalnya seperti kepastian waktu kedatangan truk yang tepat waktu, kepastian mendapatkan slot kapal, jaminan kontainer yang siap dipakai, dan juga mendapatkan prioritas di layanan depo.

Dengan adanya layanan ini, maka para pengusaha bisa mendapatkan kepastian dalam proses pengiriman barang yang secara efisien. Tentunya jaminan pengiriman pada beberapa fitur layanan, SPIL Prime juga akan akan bisa memenuhi berbagai komitmen dari apa yang dijanjikan.

Joshua juga menjelaskan bahwa bahwa kepastian layanan yang diberikan oleh SPIL Prime akan membuat para pelanggan nantinya tidak lagi memiliki keraguan dalam urusan transportasi logistik. Salah satunya mereka buktikan, dan kuatkan dengan adanya jaminan MAG untuk container yang nilainya sampai Rp 100 juta dengan proses klaim yang bisa cepat, atau maksimal 7 hari.

Selain itu, mereka juga menjamin adanya money back guarantee untuk customer, khususnya apabila salah satu dari 5 pelayanan yang tadi dijanjikan tidak bisa terpenuhi, maka besar kemungkinan uangnya akan dikembalikan. Bahkan pihaknya menjanjikan akan memberikan ganti rugi sebesar Rp 200.000 setiap counter feet dan Rp 400.000 untuk container 40 feet.

“Kami sangat yakin terobosan layanan SPIL Prime akan mendapat respons bagus dari customer. Pasalnya, layanan SPIL Prime bersifat prioritas sehingga konsumen dijamin akan mendapatkan kepastian pelayanan dari SPIL, berbeda dengan layanan regular lainnya,” kata Joshua menambahkan.

Secara terpisah, pihak Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada acara Virtual Ekspo Maritime Indonesia 2021, juga mengatakan bahwa saat ini upaya digitalisasi dalam dunia pelayaran diharapkan akan bisa memperbaiki kondisi supply dan demand.

Termasuk salah satu upaya digital yang disinggung adalah penerapan National Logistic Ecosysystem atau NLE, yang juga sangat diharapkan akan mampu membuat terjadinya penyelarasan supply and demand dari lalu lintas barang, kargo, serta dokumentasi dari mulai datangnya sarana pengangkut sampai barang datang di gudang.