freightsight
Jumat, 26 April 2024

REGULASI

Presiden Joko Widodo Tiba di Jakarta setelah Sepekan Kunjungi 4 Negara Eropa

5 Juli 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Jokowi

Dokumentasi via harianjogja.com

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Indonesia pada Sabtu (2/7/2022) setelah melakukan kunjungan kerja ke empat negara Eropa.

Presiden Jokowi menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra juga sebagai pemegang Presidensi G20.

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana beserta rombongan tiba di Indonesia pada hari Sabtu (2/7/2022) setelah melakukan kunjungan kerja ke empat negara, yaitu Jerman, Ukraina, Rusia, juga Persatuan Emirat Arab (PEA) selama sepekan.

Berdasarkan keterangan resminya, Presiden Joko Widodo tiba dengan pesawat Garuda Indonesia GIA-1 mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, sekitar pukul 06.25 WIB, seusai menempuh perjalanan delapan jam dari Bandara Abu Dhabi, PEA.

Di tangga pesawat, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana terlihat disambut Wakil Presiden Ma’ruf Amin juga Ibu Wury Ma’ruf Amin, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo juga Pj. Gubernur Banten Almuktabar.

Selama di Jerman, Presiden Jokowi menghadiri KTT G7 sebagai negara mitra juga sebagai pemegang Presidensi G20.

Bukan hanya itu, Presiden Jokowi melakukan sejumlah pertemuan bilateral dengan Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri (PM) India, PM Kanada, juga PM Inggris.

"Selain membahas isu penguatan kerja sama bilateral, isu terkait perang di Ukraina dan dampaknya terhadap rantai pasok pangan dunia dibahas hampir di semua pertemuan bilateral tersebut," ungkap Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri dalam keterangannya di Munich, Jerman, Senin (27/6/2022) lalu.

Di dalam pertemuan-pertemuan bilateral, Presiden Joko Widodo kembali menekankan waktu dunia tidak panjang untuk menyelesaikan gangguan rantai pasok pangan yang menyebabkan kelangkaan juga kenaikan harga pangan dan pupuk.

Dari Jerman pun, Presiden RI melakukan lawatan dengan misi perdamaian ke Ukraina melalui Polandia.
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana meninjau reruntuhan gedung terdampak perang di Kota Irpin, kemudian menyerahkan bantuan kemanusiaan pada salah satu rumah sakit di Kyiv.

Presiden Jokowi lalu melakukan pertemuan bilateral bersama Volodymyr Zelenskyy selaku Presiden Ukraina di Istana Maryinsky, Kyiv.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden Jokowi menyampaikan kunjungannya ke Ukraina adalah perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia bagi Ukraina dan menegaskan posisi Indonesia tentang bagaimana pentingnya penghormatan pada kedaulatan dan integritas wilayah.

Dari Ukraina, Presiden Jokowi menuju Moskow, Rusia bertemu dengan Presiden Vladimir Putin.

Presiden Jokowi mengatakan kesiapannya menjadi jembatan komunikasi antara Rusia dengan Ukraina juga meminta jaminan keamanan Rusia untuk jalur ekspor pangan Ukraina.

Kemudian, Presiden melakukan lawatan ke Abu Dhabi, PEA bertemu bersama sejumlah pengusaha juga investor PEA.

Presiden Jokowi pun melakukan pertemuan bersama Presiden PEA, Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan lalu menyaksikan pertukaran dokumen IUAE-CEPA (Indonesia-United Arab Emirates Comprehensive Economic Partnership Agreement) yang sudah disepakati kedua negara di Istana Al Shatie, Abu Dhabi, pada Jumat (1/7/2022).