freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

INFO INDUSTRI

Pemprov Sumbar Optimis Perluasan Pasar Bagi UMKM dengan Asperindo

3 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via arunala

Bersama Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Asperindo Pemprov Sumbar optimis perluasan pasar bagi UMKM.

Sebagai asosiasi pergerakan logistics Indonesia dengan potensi menggerakkan uang yang cukup banyak dan kemampuan mengoneksikan Sabang sampai Merauke.

Bersama Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Ekspres, Pos dan Logistik Indonesia (Asperindo) Pemprov Sumbar optimis perluasan pasar bagi UMKM yang ada di provinsi itu.

Hal tersebut telah disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumbar, Audy Joinaldy saat kegiatan Musyawarah Wilayah VI di Bukittinggi, Selasa, 28 Februari 2023.

Turut hadir pada Muswil VI tersebut, Wakil Gubernur Sumbar Audy Joinaldy, Staf Ahli Gubernur Jasman Rizal, Ketua Umum DPP Asperindo Feriadi, serta ketua-ketua DPW Asperindo Provinsi Riau, Jambi, Sumatera Utara dan Sumatera Selatan.

Audy Joinaldy mengatakan bahwa ternyata Asperindo berkaitan erat dengan salah satu misi Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, yaitu dengan meningkatkan usaha perdagangan dan industri kecil/ menengah serta ekonomi yang berbasis digital.

Sebagai asosiasi pergerakan logistics yang ada di Indonesia dengan potensi menggerakkan uang yang cukup banyak dan kemampuan mengoneksikan Sabang sampai Merauke, Asperindo menurut Wagub dapat digunakan untuk bisa mendukung perluasan pasar bagi UMKM yang ada di Sumatera Barat.

"Potensi dan peluang Sumatera Barat amat sangat besar. Ke depan mungkin bisa kita bangun juga MoU antara Pemprov Sumbar dengan Asperindo. Bisa juga dilanjutkan dengan kerjasama di tingkat Kota dan Kabupaten," ujar Wagub.

Ketua Umum DPP Asperindo, Feriadi di sini pun juga mengungkapkan bahwa ternyata pihaknya telah menjadi salah satu mitra strategis berbagai institusi pemerintah dalam hal logistik. Sinergi dan kolaborasi serupa juga sudah Ia harapkan bisa terjalin dengan Pemprov Sumbar.

"Asperindo dapat menjadi mitra strategis pemerintah dalam memberikan support dan mendukung produk UMKM Sumatera Barat agar dapat dipasarkan lebih luas lagi ke luar Sumbar," ungkap Feriadi.

Feriadi di sini pun juga melanjutkan bahwa sebagai sebuah asosiasi, Asperindo di sini pun juga mengemban tugas dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah. Khususnya dengan semakin majunya teknologi transaksi perdagangan yang secara online.

Oleh karena itu ia di sini pun juga mengatakan Asperindo juga terus melakukan peningkatan teknologi untuk bisa memberikan pelayanan yang semakin baik kepada masyarakat, baik itu dari segi kecepatan, keamanan, maupun pencatatan data dan informasi pengiriman logistik.

Saat ini Asperindo beranggotakan kurang lebih 350 perusahaan yang bergerak di bidang jasa dan ekspedisi. Asosiasi ini juga telah diperkirakan mengelola potensi pergerakan logistik dengan mencapai Rp40 triliun.

Pada Muswil VI Asperindo Sumbar itu, bukan hanya memilih kepengurusan baru Dewan Pengurus Wilayah, Ketua Umum DPP Asperindo ini juga melantik kepengurusan Asperindo Bukittinggi periode 2023-2027, yang ternyata merupakan DPD pertama di Sumatera Barat.