freightsight
Jumat, 26 April 2024

EKSPOR

Jadi Ujung Tombak, Mendag Minta Perwakilan Perdagangan RI Di Luar Negeri Tingkatkan Ekspor

2 Maret 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via jakartadaily.id

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta kepada para perwakilan perdagangan RI di luar negeri, sebagai ujung tombak ekspor Indonesia, untuk bekerja maksimal dalam meningkatkan ekspor Indonesia.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan meminta kepada para perwakilan perdagangan RI di luar negeri, sebagai ujung tombak ekspor Indonesia, untuk bekerja maksimal dalam meningkatkan ekspor Indonesia.

"Perwakilan perdagangan di luar negeri penting sekali karena merupakan ujung tombak ekspor Indonesia. Karena bertugas di luar negeri mewakili Merah Putih, para perwakilan perdagangan harus berjuang setiap saat untuk Indonesia," kata Zulkifli pada Rabu (1/3/2023).

Mendag menyampaikan, para perwakilan perdagangan yang bertugas di pasar non tradisional harus mengembangkan dan meningkatkan penjajakan ke pasar-pasar ekspor.

Dia juga menekankan pentingnya kesungguhan dalam menggarap pasar-pasar non tradisional yang menjangkau negara-negara seperti di kawasan Afrika, Timur Tengah, dan Asia Selatan.

"Teman-teman yang bertugas di pasar-pasar non tradisional harus mengembangkan dan meningkatkan kinerja untuk menggarap pasar-pasar ini. Tak terkecuali dengan pasar ASEAN. Saya ingatkan kepada ITPC agar jangan seperti birokrat biasa, karena harus menjalankan fungsi pemasaran produk-produk Indonesia di luar negeri," kata Zulkifli.

Lebih lanjut, Zulkifli menekankan perlunya kreativitas para perwakilan perdagangan untuk terus mempromosikan produk-produk Indonesia dengan melibatkan para pemangku kepentingan di luar negeri.

"Kolaborasi dan libatkan BUMN serta swasta dalam mempromosikan produk-produk Indonesia di luar negeri dengan memahami situasi, keadaan, dan manfaat yang dapat diperoleh," ujarnya.

Selain itu, Mendag juga menandatangani perjanjian kinerja bersama para perwakilan perdagangan di luar negeri secara simbolis. Sejumlah perwakilan perdagangan di luar negeri yang mewakili sesi penandatanganan tersebut adalah Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia di Taipei Iqbal Shoffan Sofwan, Duta Besar RI untuk Organisasi Perdagangan Dunia Dandy Satria Iswara, Atase Perdagangan New Delhi Bona Kusuma, dan Kepala ITPC Los Angeles Aldila Tjahjasari.

Dalam perjanjian kinerja tersebut, seluruh perwakilan perdagangan RI di luar negeri mendapat tugas menumbuhkan ekspor Indonesia ke negara akreditasi dengan target antara 3,7 dan 5,4 persen.