freightsight
Jumat, 29 Maret 2024

INFO INDUSTRI

Cuma 18 Persen UMKM Masuk Rantai Pasok Industri

28 Februari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via setda.tegalkab.go.id

Baru sekitar 18 persen UMKM yang saat ini masuk dalam industri rantai pasok (supply chain).

Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Organisasi, Eko Sastra menyebut baru sekitar 18 persen UMKM yang saat ini masuk dalam industri rantai pasok (supply chain).

"Ada 18 persen yang sudah masuk dalam supply chain," katanya pada Senin, (27/2/2023).

Ia berharap semuanya bisa masuk karena keberhasilan Kadin adalah membuat UMKM mampu naik kelas dari non pengusaha menjadi pengusaha, usaha mikro menjadi kecil, usaha menjadi menengah, menengah menjadi besar.

"Artinya kita meningkatkan kelas mereka sehingga bisa berkompetisi dengan yang lain,” ucapnya.

Berkat bantuan amal, Eka menjelaskan walaupun UMKM punya kontribusi besar terhadap perekonomian nasional. Namun selama ini sektor tersebut dianggap sebagai sektor terpisah sehingga bantuan yang diberikan bersifat amal. Padahal, untuk bisa mengembangkan dan mendorong UMKM bisa maju, UMKM perlu ikut terlibat dalam proses bisnis yang ada, yakni rantai pasok industri.

Untuk itu, perlu mendukung keterlibatannya dengan pembinaan dari industri yang lebih besar dan kebijakan pemerintah.

"Belajar dari Korea dan Jepang, mobil mereka seperti Toyota itu melibatkan ratusan lebih UMKM. Ada yang menghasilkan ban, tempat duduk, sehingga UMKM ini terlibat dalam bisnis besar untuk menghasilkan mobil. Jadi ketika mobil terjual, otomatis UMKM mendapatkan keuntungan,” katanya.

Eka menyebut model kolaborasi serta dukungan dan pembinaan perusahaan besar terhadap UMKM kini mulai diterapkan di Indonesia. Harapannya, integrasi pengusaha besar dengan UMKM akan membuat bisa tumbuh berkembang sehingga tercipta struktur ekonomi yang solid.

Saat ini sedang coba digerakkan oleh pemerintah, seperti di Kementerian Investasi/BKPM, kami mewajibkan setiap perusahaan besar yang investasi untuk melibatkan UMKM yang ada di daerah tersebut.

"Ini bagian dari upaya kita agar UMKM ini bisa terlibat dalam supply chain,” kata Staf Khusus Bidang Makro Kementerian Investasi/BKPM itu. Lebih lanjut, Eka menuturkan pihaknya juga terus mendorong pengusaha untuk bisa selalu melibatkan UMKM dalam proses bisnis. Ia menyebut umumnya pengusaha ingin mengerjakan seluruh proyek dari hulu ke hilir mulai dari inti bisnis hingga hal-hal remeh seperti katering dan binatu.
Hal itu pun terjadi tidak hanya di BUMN tetapi juga di industri swasta.

“Masyarakat jangan hanya menjadi penonton. Kita dorong terus anggota kami baik BUMN maupun pengusaha besar sedapat mungkin melibatkan UMKM dan terutama UMKM yang ada di lokasi tersebut sehingga pertumbuhan yang ada bisa dinikmati semuanya,” imbuh Eka.