freightsight
Selasa, 9 Agustus 2022

INFO INDUSTRI

Pemprov Sulteng Utamakan Pembangunan Infrastruktur Untuk Distribusi Logistik ke IKN

21 Januari 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

IKN Negara

Desain final istana negara IKN Baru(Instagram/Nyom...

• Saat ini pihak Pemerintah Provinsi Sulawesi tengah (Pemprov Sulteng) tengah mengutamakan pembangunan infrastruktur yang bisa mempercepat pendistribusian logistik ke wilayah Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

• Kemudian, Pemprov Sulteng akan melakukan pembangunan pelabuhan perdagangan yang berlokasi di Tambu Labuan dan Sirenja. Harapannya adalah agar berbagai komoditi pertanian dari Parigi Moutong dan Poso, serta Tojo Una-Una bisa langsung dipasarkan ke Kalimantan lewat jalur laut.

“Pembangunan infrastruktur distribusi logistik ke Kalimantan Timur menjadi prioritas kami,” kata Gubernur Sulteng Rusdy Mastura, di Palu, Kamis (20/1).

Pernyataan yang dikeluarkan oleh Gubernur Sulteng Rusdy Mastura tersebut adalah respons atas DPR-RI menyetujui Rancangan Undang-Undang (RUU) Ibu Kota Negara (IKN) menjadi undang-undang, yang telah disahkan dalam rapat paripurna ke-13 masa persidangan III tahun sidang 2021-2022.

Gubernur Sulteng juga menyampaikan secara langsung bahwa pihaknya merespons positif penetapan RUU IKN menjadi undang-undang. Menurutnya perpindahan IKN ke wilayah Kalimantan Timur adalah sebuah upaya nyata untuk melakukan pengembangan pembangunan daerah. Selain itu, ia juga menilai bahwa pemindahan IKN ini akan menjadi peluang besar untuk Provinsi Sulawesi Tengah agar bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Sejauh ini, hasil-hasil pertanian, kelautan dan kehutanan yang dikelola oleh masyarakat, lambat sampai di pasar, karena lemah pada infrastruktur utamanya jalur distribusi logistik. Maka, yang perlu disiapkan adalah jalur distribusinya, selain mempersiapkan dan meningkatkan kualitas SDM dan kualitas produk,” katanya.

Karenanya, pihak Pemprov Sulteng akan melakukan pembangunan beberapa jalan pada wilayah Pantai Timur Kabupaten Parigi Moutong, yang mana akan menjadi koneksi langsung dengan wilayah Pantai Barat Kabupaten Donggala.

”Infrastruktur jalan dan jembatan dari Kasimbar Parigi Moutong tembus Tambu Kabupaten Donggala, kemudian Sini Kabupaten Parigi Moutong tembus Labuan Kabupaten Donggala, dan Sienjo Kabupaten Parigi Moutong tembus Sirenja Kabupaten Donggala,” ujarnya.

Kemudian, Pemprov Sulteng akan melakukan pembangunan pelabuhan perdagangan yang berlokasi di Tambu Labuan dan Sirenja. Harapannya adalah agar berbagai komoditi pertanian dari Parigi Moutong dan Poso, serta Tojo Una-Una bisa langsung dipasarkan ke Kalimantan lewat jalur laur.