freightsight
Rabu, 21 Februari 2024

PELABUHAN

Pembangunan Dermaga Logistik IKN Nusantara Capai Anggaran Rp99 Miliar

26 Januari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

pembangunan dermaga logistik IKN

via viva

  • Pembangunan dermaga logistik akan dibangun dengan anggaran sebesar Rp99,6 Miliar di atas lahan seluas 4,5 hektar dengan panjang 160 meter.

Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur semakin gencar. Dalam upaya mendukung pengiriman logistik pembangunan IKN Nusantara, Pemerintah akan membangun dermaga logistik tambahan. Dinas Perhubungan (Dishub) Penajam Paser Utara (PPU) memastikan bahwa pemerintah pusat akan membangun dermaga logistik dan material penunjang untuk Ibu Kota Nusantara di PPU. Hal itu seperti disampaikan oleh Kepala Dishub PPU Ahmad. Ahmad mengungkapkan bahwa pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyiapkan anggaran sebesar Rp 99,6 miliar untuk pembangunan dermaga.

Pembangunan dermaga logistik tersebut akan dibangun sepanjang 160 meter, di atas lahan seluas 4,5 hektar. Untuk lokasi pembangunan dermaga, kata Ahmad, terletak di Kelurahan Pantai Lango Kecamatan Penajam. Adapun terkait waktu pengerjaan, diperkirakan memakan waktu hingga enam bulan kedepan, sehingga baru bisa selesai pada pertengahan tahun ini.

"Akan selesai pada pertengahan tahun ini," ungkapnya pada Minggu (22/1/2023).

Ahmad melanjutkan bahwa dermaga tersebut dibangun dengan kapasitas kapal yang dapat menjadi sandar dari tiga kapal ponton. Pembangunanya sengaja dilakukan di samping pelabuhan Citra Sabut, agar tidak menganggu aktivitas perusahaan. "Lokasinya di KIPP, di samping pelabuhan Citra Sabut," pungkasnya.

Berbagai penunjang pembangunan megaproyek IKN terus dilakukan pemerintah pusat. Pemerintah juga akan membangun bandara, yang akan menjadi sarana transportasi ibu kota baru.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau lokasi bakal dibangunnya dermaga wisata dan bandara VVIP yang berada di wilayah Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara, di Kalimantan Timur pada Jumat (20/1/2023). Kunjungan kerja ini merupakan bagian dari langkah Kementerian Perhubungan menyiapkan perencanaan pembangunan dan pengembangan sarana dan prasarana transportasi di IKN Nusantara yang menjadi salah satu program prioritas pada tahun ini.

“Hari ini kami bersama-sama meninjau titik dari pelabuhan atau dermaga seperti di dermaga wisata Marina di Labuan Bajo" kata Menhub. Ada tiga alternatif lokasi, tetapi kami sudah memutuskan satu lokasinya yaitu di daerah Punggur yang berada sekitar 9 km dari IKN,” ujarnya pada Sabtu (21/1/2023).

Dengan jarak dan waktu tempuh yang tidak terlalu jauh antara Punggur dan Balikpapan, akan memudahkan aksesibilitas kedua daerah. Apalagi dengan adanya dermaga tersebut akan dipercantik dengan berbagai fasilitas untuk wisatawan. “Di tambah lagi, di lokasi tersebut juga memiliki pemandangan laut yang indah.

Dermaga ini nantinya akan dilengkapi dengan fasilitas kapal wisata, dan area untuk kuliner dan fasilitas lainnya yang menarik bagi wisatawan,” kata Budi.