freightsight
Selasa, 5 Juli 2022

PENGIRIMAN LAUT

Kementrian Perhubungan Resmi Luncurkan Trayek Baru Kapal Perintis di IKN

2 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pemukiman pesisir Kalimantan Selatan

Pemandangan Pesisir Kalimantan © Dony Wardhana via...

Trayek baru untuk kapal Perintis R-12 dari dan menuju Kalimantan Selatan melintasi wilayah Ibu Kota Negara di Balikpapan, Kalimantan Timur, telah resmi diluncurkan oleh pihak Kementrian Perhubungan.

Mugen Soroto, selaku Ditektur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementrian Perhubungan membeberkan bahwa armada yang nantinya akan melayani jalur Perintis R 12 ini adalah Kapal Motor Sabuk Nusantata 11.

Sebelumnya, pihak Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan memang mengusulkan pengadaan trayek R-12 ini. Alasannya adalah demi mempermudah pergerakan masyarakat dalam kawasan Ibu Kota Negara. Selain itu, diharapkan akan ada pertumbuhan ekonomi.

Sebum ini, untuk menggantikan Kapal Motor Sabuk Nusantara 111 yang sedang dalam masa pembangunan, maka lalu lintas logistik dilayani menggunakan Kapal Motor Prima Nusantara 01.

“Pembangunan sarana transportasi laut tetap dilanjutkan guna memperlancar arus penumpang, barang dan jasa serta informasi seluruh ke penjuru tanah air sehingga akan memperlancar roda perekonomian dan membantu distribusi logistik nasional,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (24/10/2021).

Ia juga membeberkan bahwa Kapal Perintis KM Sabuk Nusantara 111 Pelabuhan Pangkalan Kotabaru ini adalah milik pihak Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, yang mana dalam kompensasinya akan diamanahkan pada kantor KSOP Kelas III Kotabaru Batulicin.

“KM Sabuk Nusantara 111 tersebut berkapasitas lebih dari 400 penumpang dan melayani rute Kotabaru – Tanjung Samalantakan – Tanah Grogot – Balikpapan – Tanah Grogot – Tanjung Samalantakan – Kotabaru – Mamuju – Kotabaru,” terangnya.

Kementrian Perhubungan meyakini, dengan beroperasinya Kapal Perintis Km Sabuk Nusantara 111, maka akan terjadi konektivitas dan mobilitas untuk orang-orang dan juga barang di wilayah-wilayah Kotabaru yang terpencil.

Agar nantinya lebih lancar dalam operasi trayek, kini Kemenhub juga mempersiapkan 1 kapal lainnya. Kapal tersebut adalah KM Sabuk Nusantara 78, dan akan mendukung pengoperasian angkutan kait Perintis dengan tujuan Pangkalam Apal di Gorontalo.

Agus Sularto selaku, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas III Kotabatu - Batulicin, juga mengatakan bahwa nantinya harga tiket yang akan dipatok oleh KM Sabuk Nusantara 111 akan sangat ekonomis.