freightsight
Jumat, 19 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Pemadaman Listrik Menjadi 'Pukulan Ganda' untuk Pengirim Barang India di APMT Pipavav

6 Juni 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via metroshipping.co.uk

Pengirim India baru saja pulih dari masalah arus kargo di Pelabuhan Sheva kini menerima pukulan lebih besar.
Angin kencang menumbangkan menara transmisi listrik sekitar dermaga membuat operasi dermaga di pelabuhan ditutup hingga Kamis.

Pengirim India yang baru saja pulih dari masalah arus kargo di Pelabuhan Sheva (JNPT) kini menerima pukulan yang lebih besar.

APM Terminals Pipavav juga menghentikan operasi sementara karena adanya pemadaman listrik di pelabuhan yang disebabkan cuaca ekstrem sepanjang pantai barat akhir pekan lalu.

Menurut peringatan APMT, angin kencang menumbangkan menara transmisi listrik yang ada di dalam juga sekitar dermaga yang diperkirakan membuat operasi dermaga di pelabuhan ditutup hingga Kamis.

"Pelabuhan dapat menangani kapal peti kemas paling cepat besok, tergantung pada pemulihan pasokan listrik," kata APMT. "Kami mempertahankan pasokan listrik cadangan untuk reefers."

Sayangnya, seorang pejabat pelabuhan mengatakan kepada The Loadstar bahwa semua operasi tetap ditangguhkan saat ini.

Di samping itu, APMT juga mengeluarkan pemberitahuan lain yang menyatakan keadaan kahar di pelabuhan untuk jangka waktu yang belum ditentukan karena penutupan membuat panggilan kapal di pantai barat India kacau.

Sebagian besar layanan peti kemas mingguan yang beroperasi di koridor barat India punya beberapa pemberhentian yang menampilkan JNPT, Mundra dan Pipavav demi melayani kargo pedalaman utara. Bahkan sumber-sumber industri lokal juga mengatakan kepada The Loadstar bahwa kapal-kapal Loadstar yang ada di perjalanan sudah dialihkan ke Mundra.

Maersk mengatakan kepada pelanggan bahwa mereka telah melakukan berbagai upaya demi meminimalkan dampak buruk penutupan pelabuhan yang tiba-tiba. Mereka juga menambahkan "Tim kami secara aktif mengalihkan kontainer kargo dari Pipavav ke Mudra menggunakan opsi kereta api dan jalan raya, yang terus beroperasi secara normal."

Namun, rupanya mereka juga menambahkan bahwa "ada potensi penundaan dalam pergerakan ini selama beberapa hari mendatang hingga pemulihan operasi pelabuhan di Pipavav dan kami bekerja sama dengan semua pihak yang terlibat untuk menjaga agar kargo Anda tetap bergerak dengan aman dan efisien".

CMA CGM mengkonformasi serangkaian penundaan kapal di Pipavav akibat gangguan tersebut termasuk di dalamnya layanan AS6 dan CIX. Semua impor Pipavav segera diberhentikan di Nhava Sheva.

"Ini adalah pukulan ganda bagi perdagangan, karena laju perputaran kapal dan arus kargo melalui JNPT kembali ke jalur yang benar setelah penutupan dermaga terjadi," kata perusahaan ekspedisi yang berbasis di Mumbai kepada The Loadstar.

Pada akhir Februari, APMT Mumbai menutup dermaga utamanya untuk pemasangan derek pelabuhan baru yang diperkirakan beroperasi pada September. Langkah ini tentu menimbulkan kekhawatiran terkait penumpukan kapal dan truk yang berlebihan di minggu-minggu awal, tetapi operasi pelabuhan kian membaik.

Terletak sekitar 150 mil laut dari JNPT, Pipavav dikatakan sebagai entitas pelabuhan publik-swasta-kemitraan pertama di India yang beroperasi pada 1998 dan mengalami pertumbuhan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Volume peti kemas tahun fiskal naik 22% dari tahun ke tahun menjadi sekitar 765.000 teus berdasarkan data yang baru.