freightsight
Kamis, 25 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Pelni Siap Dukung Transportasi Angkutan Logistik serta Migrasi Pekerja Proyek IKN

13 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Logistik

Angkutan Logistik via truckmagz.com

Pelni kini telah siap untuk mendukung transportasi angkutan logistik beserta migrasi pekerja proyek pembangunan IKN.

Kesiapan PT Pelni menyambut IKN dari segi manajemen sudah sangat cukup bagus.

PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni kini telah siap untuk mendukung transportasi angkutan logistik beserta migrasi pekerja proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur (Kaltim).

Hal tersebut tentu saja telah dikemukakan Anwar Sanusi selaku General Manager PT Pelni Cabang Balikpapan kepada Tribun pada Sabtu (10/9/2022) kemarin.

Anwar Sanusi mengatakan bahwa untuk proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara atau IKN ini manajemen PT Pelni begitu mendukung (supporting).

“Mudah-mudahan nanti kita ada, terutama untuk supporting pemindahan pekerja dari Jawa atau pemindahan logistik yang dibutuhkan dalam proyek Ibu Kota Negara baru ini,” ujarnya.

Untuk saat ini saja bahwa existing kita angkutan penumpang sudah ada tiga kapal yaitu KM Labobar yang paling besar kapasitasnya 2.600, KM Lambelu dan KM Bukit Siguntang rata-rata tipe 2000 , sehingga kapasitasnya bisa dikatakan sudah cukup memadai.

Lebih lanjut lagi Anwar Sanusi menuturkan bahwa pada semester 2 ini PT Pelni juga telah menyiapkan kapal tipe jenis Ro-Ro.

“Kalaupun misalnya tidak terealisasi pada 2022 ini, mungkin awal 2023 dan itu akan melayani rute dari Surabaya - Balikpapan dan Surabaya – Banjarmasin. Kira-kira armada kita cukup untuk penumpang,” jelasnya.

Di sini pun kesiapan PT Pelni menyambut IKN dari segi manajemen sudah sangat cukup bagus.

Untuk antisipasi nanti dari PT Pelni Cabang Balikpapan tentu akan segera renovasi gedung yang nanti ada perwakilan manajemen langsung di Balikpapan.

Dikatakan bahwa pihaknya juga ada untuk koordinasi terutama dengan perhimpunan insan maritim yang ada di wilayah Balikpapan.

Terutama perpindahan logistik nantinya ada kapal komersial PT Pelni yang hanya barang bisa didatangkan untuk ke IKN.

Pengadaan kapal Pelni ada 2 yang satu existing telah berjalan ini Kapal Labobar bisa mengangkut kontainer dan penumpang.

Sedangkan untuk model lainnya, model logistiknya juga bisa masuk di dalam kontainer.