freightsight
Selasa, 7 Mei 2024

PELABUHAN

Pelabuhan Perikanan dengan Skala Nasional akan Segera Dibangun di Seluma

3 Oktober 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan Seluma via imagekit.io

Pelabuhan perikanan skala nasional segera dibangun di Kabupaten Seluma.

Terpilihnya Seluma menjadi lokasi pembangunan PPN ini adalah berkah tersendiri untuk masyarakat Seluma.

Jika memang sudah tidak ada aral melintang, tahun depan, pelabuhan perikanan dengan skala nasional akan segera dibangun di Kabupaten Seluma. Dan ini juga akan menjadi pelabuhan perikanan terbesar yang ada di Provinsi Bengkulu.

“Pelabuhan perikanan nusantara ini adalah pelabuhan perikanan terbesar nanti yang ada di Provinsi Bengkulu,” kata Ketua Komisi II DPRD Provinsi Bengkulu Jonaidi, Kamis, 29 September 2022.

Menurut beliau, pelabuhan perikanan ini bisa menjadi alternatif terbaik untuk Bengkulu. Ini karena selama ini, pengembangan pelabuhan perikanan banyak memiliki kendala akses dan dukungan anggaran.

“Sebagai Komisi II, mitra perikanan itu adalah mitra kami untuk bidang kelautan dan ini akan menjadi alternatif terbaik bagi Provinsi Bengkulu. Ketika memang banyak pelabuhan perikanan yang selama ini memang banyak sekali masalah dan terkendala akses, dan dukungan sarana dan fasilitas karena terbatasnya anggaran daerah,” ungkap Jonaidi.

Dijelaskan bahwa Anggota DPRD Provinsi Bengkulu dari Dapil Seluma ini sejak tahun 2014 lalu, semua pelabuhan perikanan diserahkan ke pemerintah provinsi. Pelabuhan Perikanan Nasional (PPN) akan dibangun di Seluma merupakan milik provinsi, tetapi dibangun oleh Pemerintah Pusat dan berskala nasional.

“Ini akan menjadi pusat perikanan nasional yang ada di wilayah Sumatra, khususnya yang terpusat di Provinsi Bengkulu. Kami terus menggagas semua keinginan, anggaran, dukungan untuk kepentingan pelabuhan perikanan ini sudah kami siapkan,” jelasnya.

Untuk dapat mendukung laju pembangunan PPN, pihaknya menganggarkan anggaran Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) di APBD Perubahan Provinsi Bengkulu 2022.

“Perubahan anggaran 2022 ini, di ujung tahun ini kembali kami menganggarkan untuk biaya amdalnya karena syarat untuk melakukan pembangunan adalah studi amdalnya, dan ini sudah kami anggarkan di APBD perubahan,” sebut Jonaidi.

Jonaidi mengingatkan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu untuk mentuntaskannya. Pun demikian terkait lahan PPN menjadi tugas Pemerintah Kabupaten Seluma.

“Semoga saja Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi cepat menuntaskannya sehingga tidak ada lagi kendala di tahun depan APBN turun untuk membangun sarana fisik pelabuhan ini. Juga Pemerintah Kabupaten Seluma yang akan mempersiapkan lahan,” tukasnya.

Bagi Jonaidi, terpilihnya Seluma menjadi lokasi pembangunan PPN ini adalah berkah tersendiri untuk masyarakat Seluma. Beliau menyebutkan ini kado dari pemprov dan pusat untuk masyarakat Seluma, khususnya nelayan di seluruh pesisir Kabupaten Seluma karena dapat alokasi pembangunan berskala nasional.

“Tentu sebagai DPRD Dapil Seluma, Fraksi Gerindra, serta Komisi II sangat mendukung serta meminta masyarakat Kabupaten Seluma khususnya untuk mendukung juga program pembangunan ini. Karena ini akan berdampak besar dengan peredaran uang, perputaran ekonomi, dan laju kesejahteraan nelayan,” demikian Jonaidi.