freightsight
Senin, 20 Mei 2024

PELABUHAN

Pelabuhan Benuo Taka Segera Siap untuk Dijadikan sebagai Transit Logistik IKN Nusantara

26 September 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Pelabuhan Benuo via /pusaranmedia

Dishub Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) menyiapkan Pelabuhan Benuo Taka untuk mendukung distribusi logistik pembangunan IKN Nusantara yang didatangkan dari luar Kaltim.

Pelabuhan milik pemerintah daerah di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam juga cukup memadai bisa digunakan sebagai jalur distribusi material pembangunan IKN Nusantara.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menyiapkan Pelabuhan Benuo Taka untuk bisa mendukung distribusi logistik pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang telah didatangkan dari luar Kalimantan Timur (Kaltim). “Kalau pemerintah pusat memerlukan disitribusi logistik dari jalur laut, Pelabuhan Benuo Taka telah siap,” kata Kepala Dishub PPU Ahmad, Rabu (21/9/2022).

Pelabuhan milik pemerintah daerah di Kelurahan Buluminung, Kecamatan Penajam ini pun juga cukup memadai untuk bisa digunakan sebagai jalur distribusi material pembangunan IKN Nusantara. Karena, sisi darat Pelabuhan Benuo Taka memiliki seluas hingga 30 hektare yang cukup memadai untuk bisa menampung material pembangunan di IKN.

“Areal pelabuhan cukup luas dan memadai untuk tempat transit material IKN yang didatangkan dari luar daerah,” ujar Ahmad.

Beliau di sini pun juga mengungkapkan bahwa pelabuhan yang berada dalam Kawasan Industri Buluminung (KIB) sudah didukung infrastruktur jalan yang sangat memadai. “Jalan masuk pelabuhan sudah disemenisasi oleh pemerintah daerah,” tuturnya.

Ahmad di sini pun juga sangat berharap bahwa Pelabuhan Benuo Taka dijadikan salah satu kalau alternatif untuk bongkar muat logistik IKN. Karena justru hingga saat ini, baru ada dua pelabuhan swasta di wilayah Kecamatan Sepaku yang terpilih sebagai jalur logistik IKN.

“Pelabuhan Benuo Taka belum masuk. Ada enam pelabuhan yang diusulkan KSOP (Kantor Kesyahbandaran Otorita Pelabuhan) namun yang disetujui ada dua pelabuhan salah satunya pelabuhan ITCI,” bebernya.

Pemerintah daerah di sini juga terus berupaya supaya Pelabuhan Benuo Taka juga dijadikan sebagai pilihan untuk bongkar muat logistik IKN Nusantara. “Kalau pelabuhan di Buluminung dijadikan jalur logistik IKN, maka potensi PAD (pendapatan asli daerah) dari sektor distribusi pelabuhan juga akan meningkat,” jelasnya.