freightsight
Rabu, 28 September 2022

PELABUHAN

Pelabuhan Belawan Mengalami Kenaikan Barang Bongkar Sebanyak 36,78 %

5 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Port logistik

Freight containers © Eilis Garvey via Unsplash

Berdasarkan catatan dari Badan Pusat Statistik (BPS) diketahui bahwa volume barang domestik yang dibongkar di pelabuhan Belawan, Sumatera Utara mengalami kenaikan sebanyak 36,78% jika di bandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu. Pada September ini, diketahui jumlah bongkar barang di pelabuhan tersebut berhasil mencapai 1.885.251 ton.

“Pada periode sama 2020, volume barang domestik yang dibongkar di Pelabuhan Belawan masih 1.378.325 ton,” ujar Kepala BPS Sumut Syech Suhaimi di Medan, Sumut, Selasa (2/11).

Diketahui bahwa setiap bulannya volume barang bongkar di pelabuhan belawan selalu mengalami kenaikan secara terus menerus. Pada bulan September ini, diketahui bahwa kenaikannya juga terbilang cukup besar, yakni sebanyak 20,74 persen apabila dibandingkan dengan bulan Agustus lalu, yang mana pada bulan Agustus lalu adalah sebanyak 151.566 ton jadi 182.994 ton.

“Kegiatan bongkar barang yang meningkat di Sumut itu dampak membaiknya geliat ekonomi,” katanya.

Ia juga menambahkan bahwa peningkatan volume bongkar barang yang terjadi di Sumatera Utara juga tidak lepas dari pengaruh geliat UMKM di Provinsi Sumatera Utara yang operasionalnya juga sudah mulai mengalami peningkatan.

"Data menunjukkan, barang yang dibongkar di Pelabuhan Belawan juga untuk keperluan provinsi lain seperti Aceh, Riau dan Sumatera Barat," katanya.

Meskipun secara total pada triwulan III tahun ini, volume barang yang dimuat masih terbilang turun sebesar 4,12 % jika di bandingkan dengan periode sebelumnya di tahun lalu, yang mana totalnya hanya sebanyak 40.642 ton. Namun, menurut Syech pergerakan volume barang muat terus mengalami kenakan dari waktu ke waktu.

Untuk volume barang muatnya, di pelabuhan belawan bulan September ini terlihat mengalami kenakan sebanyak 105,15% yakni jadi sebanyak 9.241 jika di bandingkan dengan bulan Agustus yang hanya sebesar 4.594 ton.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sumut Parlindungan Purba menyebutkan volume bongkar muat dan muat di Pelabuhan Belawan diprediksi naik terus hingga akhir 2021.

Geliat ekonomi Sumatera Utara bukan satu-satunya alasan mengapa adanya peningkatan bongkar muat di Pelabuhan Belawan, faktor lainnya adalah jelang momentum atas tahun 2021 dan tahun baru yang biasanya memang membuat permintaan berbagai barang jadi mengalami lonjakan.