freightsight
Sabtu, 27 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Pelabuhan Banabungi Bakal Disinggahi 2 Kapal Perintis Tol Laut

26 Januari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

kapal tradisional

via shipsapp

  • Adanya dua kapal perintis tol laut yang akan melalui Pelabuhan Banabungi dapat membantu masyarakat. Utamanya dalam mobilitas penumpang dan barang.

Pelabuhan Banabungi, Kecamatan Pasarwajo, Kabupaten Buton, bakal disinggahi kapal perintis angkutan orang dan barang.

Dua kapal yakni Sabuk Nusantara 82 Pangkalan Kendari dengan kode trayek R-56 dan KM Aqua Star Pangkalan Kendari dengan kode trayek R-54. Kapal Sabuk Nusantara 82 kapasitas dapat mengangkut 500 orang dan 100 ton barang dengan rute dari Pelabuhan Banabungi tujuan Kendari-Wanci-Kaledupa-Tomia-Binongko-Kalabahi dan Lawoleba. Sedangkan Kapal Aqua Star dengan kapasitas 80 orang. Kapal ini bisa memuat motor melayani rute dari Pelabuhan Banabungi dengan tujuan Kendari-Baubau-Pola-Banggai-Sanana dan Obi.

“Tarifnya dimulai dari Rp 6.000-40.000 ribu,” kata Plt Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Buton, La Rahadi pada Selasa, (24/1/2023). Menurut La Rahadi, capaian ini merupakan instruksi langsung dari Pj Bupati Buton agar mengajukan proposal ke Kementerian Perhubungan RI. “Alhamdulillah, direspon dan inilah hasilnya,” ungkapnya.

La Rahadi mengungkapkan, dalam permohonan pihaknya meyakinan bahwa Kabupaten Buton memiliki potensi yang luar biasa dan menjadi komoditas andalan antar pulau.

“Di Kementerian juga kami meyakinkan dari sektor pangan bahwa hasil-hasil bumi yang dilewati rute kapal perintis memiliki potensi alam yang berbeda-beda dan akan disuplay di pulau yang dilalui,” tuturnya.

Ia berharap, adanya dua kapal perintis yang akan melalui Pelabuhan Banabungi dapat membantu masyarakat. Utamanya dalam mobilitas penumpang dan barang. Selain itu harga barang dapat terjangkau karena tarif angkutan barang dan orang relatif terjangkau.

“Harapan saya dengan adanya dua kapal ini dari segi mobilitas penduduk tidak ada lagi hambatan, terutama dari finansial karena dengan harga terjangkau sudah bisa mencapai daerah Obi dan daerah lainnya.

“Kemudian harga komoditi bisa turun melalui transportasi yang murah ini,” bebernya.

Ke depan, kata dia, Pemkab Buton melalui Dinas Perhubungan akan mengajukan proposal untuk mengkoneksikan Banabungi dan Tanjung Priok Jakarta soal tol barang.