freightsight
Selasa, 5 Juli 2022

PENGIRIMAN LAUT

Ada Kapal Tol Laut Baru yang akan Beroperasi di Gorontalo

10 November 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Persiapan kapal mengirim barang

Aerial Photography of Cargo Ship © Tom Fisk via Pe...

Baru-baru ini, Rusli Habibie selaku Gubernur Gorontalo melakukan sosialisasi menyoal Provinsi Gorontalo yang kembali mendapatkan tambahan satu unit kapal tol laut dari pihak Kementrian Perhubungan Indonesia.

Pada acara sosialisasi tersebut, Rusli juga ditemani oleh Jamal Nganro, selaku Kepala Perhubungan Provinsi Gorontalo. Mereka bersama-sama menyampaikan pada masyarakat luas tentang kehadiran Kapal Motor Sabuk Nusantara 76. Sosialisasi ini dilakukan melalui dialog interaktif di RRI Gorontalo (2/11/2021).

“Pas diberitahukan oleh Pak Jamal, Pak Gubernur, kapal yang bapak minta ke pusat sudah datang. Saya langsung katakan, kalau begitu kita sosialisasikan besok melalui radio, lewat medsos. Kita sosialisasikan apa gunanya kapal tol laut. Sehingga masyarakat tahu kapan jadwalnya, berapa tarifnya, yang memang sangat murah karena disubsidi oleh pemerintah,” ucap Rusli saat mensosialisasikan kapal tersebut.

Ia juga menyebutkan bahwa KM Sabuk Nusantara 76 ini adalah bentuk nyata yang diberikan oleh pemerintah untuk warga Sulawesi Utara, khususnya untuk masyarakat Gorontalo. Sebagaimana diketahui bahwa sebelumnya, Presiden Joko Widodo memang memiliki program tol laut, yang mana nantinya akan digunakan sebagai penghubung orang serta barang.

“Kelebihannya kapal ini berpangkalan di Pelabuhan Kota Gorontalo, otomatis seluruh kebutuhan kapal itu nanti dibeli di Gorontalo. Ini bisa meningkatkan perekonomian. Keuntungan lainnya, ini jadi penghubung Gorontalo dengan wilayah-wilayah di Sulawesi lainnya,” ucapnya.

Disisi lain, Jamal Nganro selaku Kepala Dinas Perhubungan, mengatakan bahwa KM Sabuk Nusantara 76 ini, nantinya akan memberikan pelayanan pelayaran dari Gorontalo sampai ke Ternate, Maluku Utara (pulang-pergi).

Nantinya, pelayaran akan mulai berlayar di Kota Gorontalo, kemudian menuju ke Luwuk ,(Sulawesi Tengah), Bacan (Maluku Utara) kemudian berhenti di Ternate (Maluku Utara), dan akan kembali dengan rute yang sama.

“Kapal ini kapasitasnya bisa memuat kurang lebih 400 orang. Kemudian tarifnya sangat murah, hanya Rp89.000 sudah sampai di Ternate. Fasilitasnya lengkap dengan kamar tidur ekonomi kelas satu dan dua, juga full AC. Kapal ini juga memuat barang,” jelas Jamal.
Kapal KM Sabuk Nusantara 76 ini akan mulai beroperasi pada tanggal 5 November ini.