freightsight
Kamis, 25 April 2024

DOMESTIK

Pedagang Pasar Lapor ke Wamendag terkait Pasokan Migor Curah Kian Lancar

11 Juli 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Minyak goreng

Minyak Goreng Curah via viva.co.id

Wamendag melakukan kunjungan ke Semarang, Jawa Tengah yang merupakan salah satu lokasi yang memang dituju yaitu Pasar Bulu, Kota Semarang.

Zulhas juga ingin memastikan bahwa memang seluruh sumber daya dikerahkan untuk bisa merealisasikan program pemerintah terkait minyak goreng curah.

Jerry Sambuaga selaku Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) akhir-akhir ini melakukan kunjungan ke Semarang, Jawa Tengah yang merupakan salah satu lokasi yang memang dituju yaitu Pasar Bulu, Kota Semarang.

Berkesempatan jumpa dengan Wamendag adalah salah seorang pedagang yang mengaku sekarang ini pasokan minyak goreng curah kian lancar. Harganya pun tentu sesuai ketentuan pemerintah, bahkan dibilang cenderung lebih murah.

Beliau menunjukkan harga minyak goreng curah yang dijual seharga Rp 15.000 per kg kalau dihitung dengan liter harganya yang lebih murah.

“Sudah lancar (pasokannya). Soal harga juga sudah bagus, Rp 15.000 per kg. Kalau dihitung-hitung lebih murah karena sekilo yang ditetapkan pemerintah itu Rp 15.500. Kalau per liternya kan Rp 14.000,” katanya.

Mengetahui hal tersebut, di sini Jerry Sambuaga juga mengaku begitu senang. Beliau juga berjanji, bersama Zulkifli Hasan (Zulhas) selaku Menteri Perdagangan (Mendag) akan terus mencoba memastikan bahwa harga minyak goreng sudah sesuai bersama dengan ketetapan pemerintah.

“Pak Zulkifli, Mendag baru, sudah ingin segera mencapai target minyak goreng curah di seluruh daerah di Indonesia sesuai dengan HET yang telah ditetapkan, yaitu Rp 14.000. Tentu kami di Kementerian Perdagangan akan dukung penuh langkah beliau agar segera terealisasi,” kata Jerry.

Menurut Jerry, di sini Zulhas juga ingin memastikan bahwa memang seluruh sumber daya dikerahkan untuk bisa merealisasikan program pemerintah terkait minyak goreng curah.

Bukan hanya menata mata rantai pasokan, tetapi di sini pun juga bisa memastikan komunikasi dan koordinasi yang cukup baik dengan semua stakeholder, khususnya para pengusaha beserta distributor.

“Dengan berbagai cara, demi masyarakat, Mendag menekankan bahwa kita semua harus berjuang mengerahkan semua sumber daya,” ucapnya.

Minyak goreng yang banyak menyita perhatian publik beberapa bulan belakangan ini. Sebabnya adalah lonjakan harga yang ada di tingkat internasional yang memang memengaruhi harga serta rantai pasokan yang ada di dalam negeri.

Berbagai kebijakan juga telah diluncurkan pemerintah dan hasilnya, perlahan-lahan dari harga dan pasokan minyak goreng curah itu pun juga relatif lancar serta harganya sesuai dengan ketentuan pemerintah.

Kementerian Perdagangan sendiri pun juga tentu diketahui telah menjalin koordinasi serta sinergi dengan lembaga atau kementerian yang terkait. Pada era Zulhas, justru kebijakan serta koordinasi itu juga ditegaskan kembali.

Sejak hari pertama menjabat tentu saja Zulhas juga menegaskan perlunya kesinambungan komunikasi dan koordinasi. Sehingga, ini bisa membuat masyarakat di seluruh Indonesia dapat menikmati harga minyak goreng sesuai dengan kebijakan pemerintah.