freightsight
Sabtu, 20 April 2024

PENGIRIMAN LAUT

Pandemi Berhasil Tingkatkan Layanan Logistik dan Memicu Upaya Peningkatan SDM Andal

24 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Layanan Logistik

Ilustrasi Layanan Logistik via kompas.com

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, rupanya bisnis logistik telah mengalami pertumbuhan yang signifikan.

Bisnis tersebut juga sudah menandatangani perjanjian dengan Hapag-Lloyd, perusahaan pelayaran kapal terkemuka di dunia untuk penggunaan biofuel tingkat lanjut.

Selama pandemi Covid-19 berlangsung, rupanya bisnis logistik telah mengalami pertumbuhan yang signifikan. Tak hanya kuantitas pengiriman yang meningkat saja melainkan jumlah pekerja pun ikut bertambah.

“Pandemi mempengaruhi peningkatan permintaan layanan logistik. Di DHL Global Forwarding Indonesia, tenaga kerja kami meningkat 10% sejak tahun 2021. Jaringan kami terpilih untuk digunakan dalam pengiriman vaksin Covid-19. Kami mengantarkan vaksin ke 24 lokasi di Indonesia, menangani importasi melalui penerbangan komersial, dan chartered flights. Vaksin tersebut harus ditangani dengan kontrol suhu yang sangat ketat dan jaminan kualitas,” ungkap Vincent Yong selaku Presiden Direktur, DHL Global Forwarding Indonesia.

Deutsche Post DHL Group merupakan salah satu perusahaan logistik yang telah hadir di Indonesia sejak tahun 1973. Melihat bisnis yang tengah menguat di Indonesia pada masa pandemi Covid-19, tentu perusahaan ini merencanakan pertumbuhan serta investasi lebih lanjut di bumi Nusantara.

“Kami telah menginvestasikan sekitar 140 juta Euro di Indonesia dalam 10 tahun hingga saat ini. Di Indonesia, dengan tenaga kerja andal yang memiliki solusi inovatif untuk pasar, kami memiliki bisnis yang kokoh serta tangguh, siap akan pertumbuhan lebih besar," ungkap Frank Appel, CEO, Deutsche Post DHL.

Secara global, sejak bulan Januari 2021, DHL Global Forwarding juga telah menetralisir emisi karbon dari semua pengiriman angkutan laut dengan Less-than-container load (LCL) menggunakan bahan bakar laut yang berkelanjutan termasuk juga pengiriman angkutan laut menuju dan dari Indonesia. Hal tersebut juga telah dilakukan tanpa adanya biaya tambahan kepada pelanggan, mendukung tujuan emisi karbon mereka melalui layanan LCL GoGreen Plus dengan total 370.600 pengiriman sejak program dimulai.

Bisnis tersebut juga sudah menandatangani perjanjian dengan Hapag-Lloyd, perusahaan pelayaran kapal terkemuka di dunia untuk penggunaan biofuel tingkat lanjut. Sebagai langkah awal, Hapag-Lloyd segera mengirimkan 18.000 TEU volume DHL menggunakan biofuel canggih yang menunjukkan skalabilitas solusi transportasi berkelanjutan juga relevansi bahan bakar berkelanjutan yang ada di pasar saat ini.

Deutsche Post DHL Group juga mengoperasikan tiga divisi bisnis di Indonesia yaitu DHL Express, penyedia layanan ekspres, DHL Global Forwarding, spesialis angkutan udara dan laut dan DHL Supply Chain, spesialis kontrak logistik dalam Grup.

Bisnis DHL mempekerjakan lebih dari 2.300 karyawan, mengoperasikan 525.000 meter persegi gudang dan beroperasi dengan 120 penerbangan setiap harinya, menghubungkan bisnis di Indonesia lewat jaringan global DHL mencakup 220 negara dan teritori.

Perusahaan seinduk, DHL Supply Chain (DSC), sebelumnya telah mengumumkan rencana untuk menginvestasikan 25 juta Euro demi fasilitas 40.000 meter persegi akan dibangun di Cikarang, Jawa Barat dan ini ditargetkan selesai pada 2023.