freightsight
Rabu, 28 September 2022

INFO INDUSTRI

Terjadi Peningkatan Pada Pengiriman Logistik Farmasi dan E-commerce

11 Oktober 2021

|

Penulis :

Tim FreightSight

Farmasi

Close Up View Pharmacies © Alexandarlittlewolf via...

Sampai saat ini, pandemi Covid 19 masih terus melanda Indonesia. Hal ini, pada akhirnya memukul lini perekonomian, termasuk diantaranya adalah sektor pengiriman logistik. Meskipun demikian, ternyata masih ada beberapa sektor yang mengalami peningkatan, yakni di bidang toko online dan juga farmasi.

Mustadjab Susilo Basuki, selaku Ketua Umum Perkumpulan Kolaborasi Lintas Usaha Bersama Logistik Indonesia (KLUB Logindo) memberikan pernyataan bahwa pengiriman logistik memang mengalami penurunan saat pandemi melanda.

"Tetapi ternyata untuk farmasi dan segala macam justru meningkat," kata Mustadjab pada, Jumat (8/10/2021)

Apalagi, saat ini para pengusaha logistik saat ini juga ikut terlibat dalam berbagai macam program vaksinasi Indonesia, yakni dengan membawa dosis vaksin untuk menuju berbagai macam daerah.

"Kami juga mendapatkan kuota banyak daripada transportasi delivery farmasi dan produk lainnya. Kami juga menjadi bagian dari pemerintah untuk menyalurkan vaksinasi," katanya.

Jenminy Muljana selaku Sekretaris Umum Klub Loginda, juga menambahkan peningkatan yang terjadi bukan hanya produk-produk farmasi saja, namun juga pada bidang pengiriman dari toko online. Peningkatan pengiriman barang e-commerce tidak lepas dari kegiatan belanja online dari rumah yang dilakukan oleh konsumen selama pandemi.

"Ada peningkatan di sisi produk farmasi dan yang paling besar itu ada produk-produk online atau delivery online, ini yang cukup menolong. Ini luar biasa, ada (peningkatan) sekitar 70%," katanya.

Untuk beberapa pengiriman logistik yang memang mengalami penurunan adalah sektor untuk bahan baku pabrik manufaktur, dan otomatif. Terkait dengan otomotif, ini memang karena adanya penurunan ekspor.

Suharto selaku direktur angkutan jalan direktorat jenderal perhubungan darat kementerian perhubungan, menyampaikan bahwa saat ini pihak pemerintah telah memahami masalah yang sedang dihadapi oleh para pelaku usaha logistik.

"Saya paham betul bagaimana sekarang ini teman-teman mengalami satu hambatan menyangkut masalah logistik dengan pandemi. Namun, satu sisi pemerintah tetap menjalankan berupa aspek keselamatan," katanya.

Suharto juga menambahkan bahwa saat ini pemerintah juga berusaha untuk membuat ekosistem logistik bisa tetap berjalan maksimal meskipun kondisi perekonomian ini sedang tidak stabil.