freightsight
Sabtu, 1 Oktober 2022

TEKNOLOGI

Hapag-Lloyd Kini Mulai Meluncurkan Sistem Pelacak untuk 1,6 Juta Kontainer Bulan Ini

8 Agustus 2022

|

Penulis :

Tim FreightSight

Hapag-Lloyd

Hapag-Lloyd via offshorewind.biz

Hapag-Lloyd akan mulai memasang perangkat pelacakan dan telemetri real-time baru di seluruh armada kontainer standar mereka pada akhir bulan ini.

Hapag-Lloyd dianggap penggerak pertama melengkapi kontainer biasa dengan pelacakan yang mencakup data lokasi GPS, pengukuran suhu dan pencatatan getaran mendadak seperti guncangan ke kontainer.

Hapag-Lloyd akan mulai memasang perangkat pelacakan dan telemetri real-time baru di seluruh armada kontainer standar mereka pada akhir bulan ini.

Ini tentu saja akan memerlukan investasi yang jumlahnya mencapai sekitar $250 juta untuk 1,6 juta kotak jalur pelayaran.

Sementara itu, rupanya juga sangat banyak kontainer reefer yang tentunya sudah dilengkapi dengan peralatan tersebut, Hapag-Lloyd di sini juga dianggap sebagai penggerak pertama dalam melengkapi kontainer biasa dengan pelacakan yang mencakup data lokasi GPS, pengukuran suhu dan pencatatan getaran mendadak seperti guncangan ke kontainer.

Operator tersebut mengatakan bahwa pada hari ini produk Hapag-Lloyd LIVE akan sudah tersedia untuk para pelanggan mulai awal tahun depan dan pada akhir tahun depan, seluruh armada kontainernya rupanya juga akan dapat dilacak menggunakan peralatan baru.

“Teknologi baru ini akan memberi kami keuntungan untuk dapat menciptakan visibilitas, mendeteksi penundaan lebih awal, secara otomatis memberi tahu pelanggan yang terpengaruh dan memulai tindakan pencegahan yang tepat,” ungkap Hapag-Lloyd.

Stefan Kalmund selaku CEO Nexxiot yang menyediakan perangkat pelacak, baru-baru ini juga telah mengatakan kepada The Loadstar bahwa beliau sangat merasa yakin tawaran Hapag-Lloyd ini akan bisa menjadi titik kritis untuk adopsi massal perangkat keras pelacak pada kontainer – awal dari “megatren.”

Beliau juga menambahkan: “Akan ada perlombaan antara jalur pelayaran untuk mengikuti Hapag-Lloyd. Saat Anda memiliki perangkat yang diletakkan di atas wadah yang mengukur suhu, kelembaban, dan sebagainya, Anda membuat opsi untuk menawarkan layanan baru. Perusahaan pelayaran menginginkan kemampuan itu.”

Manfaat yang bisa dibilang tak terduga dari perangkat pelacak juga telemetri yang kemungkinan besar adalah keamanan yang lebih baik di kapal, karena memang pelacakan langsung suhu di dalam setiap peti kemas membawa banyak sekali manfaat nyata untuk dapat menunjukkan dengan tepat kebakaran segera dimulai.

Ketidakmampuan untuk bisa melakukan ini rupanya juga telah menjadi alasan untuk sejumlah nyawa yang hilang, MD pencegahan kerugian TT Club, Mike Yarwood, mengatakan kepada The Loadstar.

“Memiliki peringatan dini sangat penting dalam hal pemadaman kebakaran. Kapal memiliki sistem pendeteksi asap… tetapi pada saat asap keluar dari kontainer, seringkali sudah terlambat. Di bawah dek, Anda mungkin mengalami insiden kebakaran, yang tidak diketahui siapa pun sampai asap mulai mengepul dari bawah penutup palka.”

Penyedia Satcoms dan IoT Orbcomm ini juga yang nantinya akan menyediakan Hapag-Lloyd dengan kemampuan komunikasi.