freightsight
Kamis, 28 Maret 2024

PENGIRIMAN LAUT

Operator Laut Terima Kenaikan Suku Bunga Jangka Pendek dan Incar Lonjakan Permintaan Jelang Imlek

16 Januari 2023

|

Penulis :

Tim FreightSight

via kompas.com

Operator laut tidak mengharapkan permintaan konsumen di Eropa Utara untuk pulih setidaknya sampai bulan Maret, ketika berharap tarif angkutan peti kemas dari Asia juga akan meningkat.

Operator laut tidak mengharapkan permintaan konsumen di Eropa Utara untuk pulih setidaknya sampai bulan Maret, ketika berharap tarif angkutan peti kemas dari Asia juga akan meningkat. Tarif rendah sebesar $750 per 20 kaki dan $1.000 per 40 kaki dari China ke pelabuhan Eropa Utara yang berlaku hingga 1 Maret 2023, sedang digembar-gemborkan di pasar baik secara langsung melalui kantor operator lokal maupun melalui agen ekspedisi.

Selain itu, untuk periode setelah New Year Chinese (CNY/Tahun Baru Imlek), ketika prospek kargo terlihat semakin lemah, salah satu operator terbesar menawarkan kepada pengirim tarif FAK sebesar $550 per 20 kaki dari Dalian ke Felixstowe untuk periode pengiriman 1 hingga 14 Februari 2923.

Agar memenuhi syarat untuk tarif ini, pemesanan harus dilakukan sebelum 15 Januari. Sementara itu, jndeks pasar spot kontainer masih belum mencerminkan tingkat pasar ke Eropa Utara, meskipun XSI Xeneta tercatat sebagai yang terdekat minggu ini, karena komponennya turun 8% lagi menjadi $1.885 per 40ft.

“Pasokan ruang pengiriman berlimpah dan strategi pemasaran operator masih didasarkan pada permintaan kargo, oleh karena itu tarif pasar turun,” kata komentar mingguan Ningbo Containerized Freight Index (NCFI).

Di sisi lain, ada berita yang lebih baik minggu ini untuk operator yang melayani jalur perdagangan Asia-Mediterania, di mana peningkatan permintaan mendorong mitra 2M MSC dan Maersk untuk mengaktifkan kembali pelayaran di loop AE11/Jade yang sebelumnya telah dibatalkan. Tarif spot di rute tersebut, sebagaimana dicatat oleh indeks WCI Drewry, turun 4% minggu ini, tetapi tetap jauh lebih tinggi daripada tarif Eropa Utara yang sebesar $2.821 per 40 kaki.

Sementara itu, di transpacific, operator akan didorong oleh pelonggaran inflasi, turun ke tingkat tahunan sebesar 6,5%, yang diperkirakan akan membuat Federal Reserve menjadi kurang agresif dengan kenaikan suku bunganya sehingga mendorong konsumen untuk mulai berbelanja lagi. Sementara, tarif spot peti kemas dari Asia ke pantai barat AS tampaknya telah mencapai titik terendah, yakni antara $1.300 dan $2.000 per 40ft karena operator membatalkan setengah pelayaran mereka pada rute menjelang CNY.

Adapun di jalur perdagangan pantai timur Asia-AS permintaan lebih kuat, kurs spot tampaknya melantai di sekitar $2.800 hingga $3.600 per 40 kaki. Maersk mengumumkan minggu ini bahwa 2M akan menambahkan tiga kapal ekstra ke putaran transatlantiknya. Disusul Ellerman City Liners yang berbasis di Inggris meningkatkan layanan dua minggunya dari pelabuhan Eropa Utara ke pelabuhan pantai timur AS menjadi mingguan, setelah sebelumnya memindahkan kapal dari layanan Asia ke Eropa Utara yang sekarang sudah tidak beroperasi.

Tarif peti kemas di rute tersebut, sebagaimana dicatat oleh indeks spot, masih berada pada level yang sangat tinggi antara $5.500 dan $6.500 per 40 kaki, meskipun penurunan mingguan semakin cepat, tetapi tarif 'pasar' dari Liverpool ke New York dikatakan oleh kontak forwarder menjadi "jauh lebih rendah".